Mengamankan Pasokan Perlu Pengawasan

Mengamankan Pasokan Perlu Pengawasan

Harga cabai sudah kembali turun karena pasokan berlimpah. (Foto : Ade)

Bandung – Pasca sidak ke Pasar Kosambi Kota Bandung, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengakui ada beberapa komoditi yang harganya saat ini sudah turun, seperti sayur-mayur dan berbagai jenis cabai.

 

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, harga sayur-mayur turun karena pasokan saat ini terbilang banyak Ditambah adanya pengaruh dari penurunan harga BBM.

 

“Namun beberapa penurunan komoditi di pasar perlu diperhatikan, jangan sampai harga sangat rendah. Jika harga begitu rendah, dikhawatirkan pihak petani akan rugi,” cetus Ahmad Heryawan di Gedung Sate Kota Bandung, Sabtu (24/01/2015).

 

Menurutnya, harga kebutuhan pokok sangat berpengaruh terhadap suplai dan demand. “Agar harga stabil tidak terlalu mahal dan terlalu murah, pasokan harus dijaga tetap aman. Penurunan perlu namun harus berkala. Jika kebablasan, maka yang rugi kaum petani,” katanya.

 

Misalnya cabai, harganya diharapkan jangan turun di bawah Rp 30.000/kg. Jika harganya kurang dari itu maka margin keuntungan para petani akan semakin sedikit. Dikhawatirkan para petani cabai akan merugi. Harga cabai terbilang stabil jika berkisar Rp 25.000 hingga Rp 30.000/kg. 

.

Categories:Bandung,
Tags:ekonomi,