Risma Apresiasi pada Warga yang Galakkan Penghijauan

Risma Apresiasi pada Warga yang Galakkan Penghijauan

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini saat menanam pohon.(Foto:Net)

Surabaya  - Walikota Surabaya Tri Rismaharini memberikan apresiasi kepada warga yang menggalakkan program penghijauan dengan menanam pohon di wilayahnya.

"Pak, ini tolong ada warga yang minta bibit tanaman matoa. Langsung didata ya," ujar Walikota Surabaya Tri Rismaharini seraya memberi instruksi kepada seorang pegawai Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) saat penanaman pohon di Simorejo, Kecamatan Sukomanunggal, Sabtu (24/1/2015).

Kegiatan penanaman pohon itu diikuti sekitar 300 orang yang terdiri dari unsur Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Dinas Pertanian, Satpol PP, Linmas serta pegawai kecamatan dan kelurahan serta warga setempat. 

Walikota perempuan pertama di Surabaya itu terlihat ikut menggali tanah dan sesekali bercengkerama dengan warga guna memahami apa keinginan mereka. 

Camat Sukomanunggal Achmad Suud Asyari mengatakan areal penanaman pohon sepanjang 800 meter dari pintu masuk arah Jl. Tanjungsari. Sedangkan jenis pohon yang ditanam sebanyak 300 bibit seperti belimbing, jeruk, sawo kecik, mangga dan trembesi.

Selain itu, pemkot juga memanfaatkan kesempatan itu untuk membersihkan saluran air. Para petugas dari dinas Pekerjaan Umum Bina marga membuka penutup saluran yang terbuat dari beton kemudian mengeluarkan kotoran yang berpotensi menghambat aliran air. 

"Ini sekaligus sebagai upaya antisipasi banjir," katanya.

Tak hanya itu, Achmad menuturkan pihaknya telah meminta peran aktif perusahaan/pabrik di wilayahnya agar menanam pohon di wilayah masing-masing karena sekitar 5 persen dari luas wilayah Kecamatan Sukomanunggal merupakan kawasan pabrik dan pergudangan. (Ode)**

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,