Dampak Naik Turunnya Harga BBM Bagi Masyarakat

Dampak Naik Turunnya Harga BBM Bagi Masyarakat

Suasana Diskusi naik turunnya bbm di Unpad (Foto:Putri)

Bandung- Dampak naik turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia  menjadi polemik baru untuk masyarakat. Universitas Padjajaran Bandung (Unpad) ikut merespon dengan menggelar diskusi Bagaimana Dampak dari Polemik  Naik Turunnya Harga BBM  bersama Dr Camellia Panatarani S.Si M.Si (Fakultas Mipa Unpad), Dr. I. Made Joni S.Si, M.Sc (Mipa Unpad,) dan Yayan SE M.Si Ph. D (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad) di Executive Lounge, Gedung Rektorat Unpad Jl Dipati Ukur No. 35. Bandung. Senin.( 26/1/2015).
 
Menurut rencana, pemerintah akan mengevaluasi harga BBM setiap bulannya. Telah dicabutnya subsidi BBM oleh pemerintah dikhawatirkan beberapa pihak akan menjadi "bom waktu" karena saat mengikuti harga pasar dunia maka BBM kita pun  akan semakin meningkat seiring harga BBM dunia meningkat. 
 
Menurut Yayan,  kenaikan harga BBM ini secara keseluruhan sebenarnya tidak berpengaruh, tetapi dampak untuk rumah tangga sangat besar. 
 
"Kenaikan minyak dunia berpengaruh terhadap Indonesia sebetulnya tidak ada, kalaupun ada hanya lingkup yang kecil tapi secara keseluruhan tidak ada. Seharusnya pemerintah bisa mengedukasi masyarakat jika naiknya BBM jangan terlalu dijadikan beban," ujar Yayan di Ruang Executive Lounge Unpad.
 
Produksi minyak di indonesia relatif akan menurun. Saat ini Indonesia tidak bisa lagi mempertahankan produksi minyak dan gas. Kondisi pasar di indonesia sudah tidak domestik oriented sehingga menjadi impor. Pola perubahan harga premium semakin naik karena subsidinya diturunkan. Harga minyak dilepas berdasarkan harga pasar dunia.  Untuk produksi migas di indonesia sudah tidak  
bisa mengandalkan produksi domestik.
 
"Inflasi perubahan penurunan minyak secara keseluruhan korelasinya sangat panjang, yang ada hanya dampak psikologis saja" tutur Yayan menambahkan.
 
Solusi dari dampak naik turunnya BBM ini adalah kelola migas yang lebih baik, memperbaiki supply chain management, transparansi kelembagaan pengelolaan migas, memperbaiki kinerja Pertamina.(Ode)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:bbm,

terkait

    Tidak ada artikel terkait