Unpad Lakukan Penelitian Rumah Mandiri Energi

Unpad Lakukan Penelitian Rumah Mandiri Energi

Kampus Universitas Padjadjaran.(Ilustrasi Foto:Net)

Bandung  -  Fluktuasi harga BBM ternyata tidak hanya berdampak pada harga kebutuhan pokok masyarakat,  tetapi juga kepada energi alternatif. Energi Alternatif adalah sumber-sumber non tradisional, seperti tenaga surya, air dan angin yang tidak menimbulkan gas buang berbahaya bagi lingkungan. 
 
Hal itu dijelaskan peneliti Unpad Dr. Camellia Panatarani, M.Si pada diskusi yang berlangsung di Executive Lounge Unpad, Senin (26/1/2015).
 
Menurut Camellia, saat ini Indonesia sudah tergantung pada energi fosil mencapai 96 persen,  di mana minyak bumi hanya 48 persen, gas 18 persen dan batubara 30 persen. Untuk memaksimalkan pemanfaatan energi terbarukan belum dapat dilakukan,  karena harga BBM yang masih rendah.
 
Unpad, katanya kini tengah  melakukan penelitian pengembangan sumber daya Energi Alternatif, yaitu dengan cara membuat metode atau teknologi untuk mengetahui potensi sumber energi baru dan terbarukan.
 
Antara lain dengan membuat teknologi fabrikasi produk dan infrastruktur yang efisien dalam penggunaan energi, membangun kerja sama dengan industri untuk terwujudnya proses produksi atau komersialisasi dari prototipe produk hasil penelitian.
 
"Penurunan konsumsi minyak bumi akan terjadi secara evolusi, bukan revolusi. Selain itu pemanfaatan energi alternatif di Indonesia masih jauh dari target Kementerian SDM" ujar Camellia.
 
Dia menjelaskan,  untuk menjalankan penelitian ini butuh ilmu dan teknologi, pemasaran dan biaya yang harus selaras, sehingga penelitian ini bisa berjalan dengan lancar.
 
"Kita harus bisa mensinkronisasikan kepada seluruh  negara terhadap perubahan pertumbuhan, jadi harus ada upaya dari pemerintah untuk bisa menyebarluaskan hal itu. Kebijakan seperti ini sudah lama dikeluarkan tetapi sayangnya karena tidak ada yang mengenalkan kepada masyarakat, sehingga kurang berjalan/ Padahal ini adalah penting untuk negara," ujar peneliti lainnya, Dr. I Made.
 
Saat ini Unpad ingin membangun Rumah Mandiri Energi, yakni dengan menggunakan sumber energi renewable, untuk rumah secara lokal dan tidak menimbulkan gas penyebab efek rumah kaca. (Jr.)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,