80 Persen Kemiskinan Diderita Petani dan Nelayan

80 Persen Kemiskinan Diderita Petani dan Nelayan

Petani dari Serikat Petani Pasundan gelar aksi menuntut Gubernur perhatikan petani. (Foto : ADE)

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berambisi untuk mengentaskan kemiskinan di Jawa Barat, melalui berbagai program. Salah satunya dengan program pemberdayaan nelayan dan petani Indonesia. 

Sebagai daerah pemasok padi terbesar di Indonesia, seharusnya petani Jawa Barat kehidupannya lebih sejahtera. Namun kenyataannya petani di Jawa Barat banyak yang miskin, begitu juga kaum nelayannya.

 

Menurut Gubernur, kemiskinan yang mendera warga Indonesia ada 80 persennya pada kaum nelayan dan petani. "Kaum nelayan dan petani harus bisa sejahtera dan lepas dari garis kemiskinan, yakni dengan mengikuti program pemberdayaan. Mereka bisa mengoptimalkan hasil laut dan pertanian sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang besar," cetus Ahmad Heryawan di Gedung Sate Kota Bandung, Senin (26/01/2015).

 

Heryawan berharap, kepada pemerintah pusat yang di pimpin Presiden Joko Widodo untuk memperhatikan nasib petani dan nelayan, dengan memberikan berbagai program subsidi bagi para petani dan nelayan.

 

"Pemprov Jabar saja sudah memberikan berbagai program bantuan bagi petani, seperti pemberhentian alih fungsi lahan pertanian, bantuan pupuk, bantuan traktor, dan juga berbagai bantuan untuk bidang kelautan dan perikanan," serunya.

 

Jika taraf hidup para petani dan nelayan meningkat, maka hasil tani dan nelayan pun pasti berlimpah. Inilah yang diharapkan Pemprov Jawa Barat, agar di tahun 2015 ini ketahanan pangan di Jawa Barat bisa menjadi yang terbaik dan maju. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:aher,