Kantin Kejujuran Ada di SMA 1 Baleendah

Kantin Kejujuran Ada di SMA 1 Baleendah

Ilustrasi Foto.(Foto:Net)

Bandung - Berbagai cara dilakukan pendidik untuk mengenalkan budaya jujur ke para pelajar, salah satunya dengan memasyarakatkan kantin kejujuran. 

Di SMAN 1 Baleendah, Kabupaten Bandung misalnya, kantin kejujuran di sekolah ini sudah berjalan sejak lama. Ide awalnya diprakarsai Obar Sobarna, yang waktu itu menjabat sebagai Bupati Bandung.

 

Menurut Guru SMAN 1 Baleendah, Kab. Bandung Siti Maryam, konsep kantin kejujuran, yaitu siswa yang jajan di sana mengambil sendiri barang yang dibelinya. Lalu membayar sendiri dengan menyimpan di kotak yang disediakan.

 

"Kanti kejujuran ini merupakan niatan para guru untuk membangun siswa yang bermoral dan jujur. Ini untuk melatih seorang siswa agar senantiasa jujur dalam kehidupan sehari-hari. Kalau kita jujur pasti nanti sudah jadi pejabat tidak akan korupsi," tutur Siti Maryam di Bale Endah, Kabupaten Bandung, Senin (26/01/2015)

 

Siti melanjutkan, kantin kejujuran ini membiasakan seseorang untuk bertindak jujur. Meski ada yang tidak membayar sesuai dengan barang yang diambil, tapi eksistensi kantin kejujuran bisa terus berjalan, bahkan banyak di tiru di sekolah lain.

 

"Secara teknis memang tidak ada kendala, awalnya memang selalu tekor, namun lambat laun siswa bisa menerima kantin kejujuran ini dengan baik. Kalau jajan di kantin kejujuran ini para siswa harus membayar dengan uang pas, biar lebih praktis," lanjutnya. (Jr.)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:bandung,