Pemkot Bandung Bikin MoU dengan Kodim III

Pemkot Bandung Bikin MoU dengan Kodim III

Komplek Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana.(Ilustrasi Foto:Net)

Bandung - Diketahui instruksi Presiden RI kepada pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan nasional yang tercantum dalam Pasal 7 UUD Nomor 34 tahun 2004.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Daerah diminta juga ikut melakukan swasembada masing-masing 15 %. Dalam hal ini, Pemerintah Kota Bandung melakukan penandatangan MoU dengan Komando Distrik Militer (Kodim) III Siliwangi di Komplek Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin (26/1/2015).

“Tadi tanda tanganan MoU sama Kodim, karena Presiden menginstruksikan agar Indonesia swasembada pangan dalam waktu tiga tahun yah. Kemudian sumbangan masing-masing daerah kepada swasembada daerah masing-masing 15 %,” ucap Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Dirinya menuturkan, hingga saat ini Kota Bandung masih berkisaran tiga sampai lima persen mengenai swasembada pangan. Pasalnya, permasalahannya di kota metropolitan seperti ini, memang sangat minim lahan basah untuk bercocok tanam.

Untuk mencapai target yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, Ridmemutuskan akan bercocok tanam dengan mengunakan pot (Polibag).

“Bandung hanya sekitar tiga sampai lima persen, jadi harus naik tiga kali lipat. Masalah di kota metropolitan kan kita gak punya lahan jadi saya dengan Kodim akan mengintensifkan lahan-lahan nganggur, untuk dijadikan sawah tapi dengan cara Polibag bukan dengan tradisional. Nah, kita eksperimenkan dalam waktu tiga tahun ini Bandung punya sawah-sawah di atap rumah, tanah-tanah kosong tapi bentuknya dengan Polibag, ini gak ada bedanya cuma masalah keilmuan. Nah inilah sumbangan kota tanpa ada lahan kita tidak menyerah,” bebernya.

Posisi Kodim di sini, menurut Ridwan Kamil yaitu sebagai tim lapangan yang memastikan program ini berjalan dengan lancar, membantu menyiapkan lahan-lahan kosong atau menyampaikan kepada masyarakat yang mempunyai lahan kosong untuk dipinjamkan.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,