Stop Kriminalisasi Petani!

Stop Kriminalisasi Petani!

Stop Kriminalisasi Petani!

Bandung - Massa yang terdiri atas sejumlah elemen masyarakat petani menggelar aksi di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Senin (29/9/2014) menuntut pihak berwenang untuk menghentikan kriminalisasi petani dalam sengketa tanah.

Koordinator Aksi Arif Budiman mengatakan, setiap tanah negara yang bersengketa dengan masyarakat petani dan perusahaan seringkali yang dikriminalkan petani dengan tuduhan melanggar hukum. "Di Jabar masih ada kriminalisasi terhadap petani," kata Arif di sela-sela aksinya.

Menurutnya, sengketa yang seringkali terjadi di Jabar pemanfaatan lahan oleh petani di wilayah yang masih diklaim pengelolaannya oleh perusahaan perkebunan atau perhutani. Padahal, masyarakat menggunakan lahan di kawasan yang Hak Guna Usaha (HGU)-nya sudah habis. "Sangat parah kondisi agraria di Jabar ini, bahkan pemerintah sekarang masih mengganggap yang HGU-nya habis dianggap sah," katanya.

Dalam aksinya itu, massa juga meminta pemerintah baru Indonesia yang dipimpin Joko Widodo agar berpihak kepada petani. Massa juga mengancam akan terus melakukan aksi serupa sampai tuntutan keadilan agraria tercapai untuk mewujudkan kesejahteraan petani. "Sengketa agraria ini harus selesai, petani tidak akan berhenti untuk berdemontrasi," kata Arif. (Jr)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,