Lagi, 3 Saksi Budi Gunawan Mangkir dari KPK

Lagi, 3 Saksi Budi Gunawan Mangkir dari KPK

Terduga Kasus "Rekening Gendut", Komjen Pol Budi Gunawan.(Foto:Net)

Jakarta - Tak ada perlakuan istimewa dari Polri terhadap anggotanya yang dipanggil KPK sebagai saksi kasus rekening tak wajar Komjen Pol Budi Gunawan. Anggota Polri yang dipanggil sama dengan saksi dalam kasus umumnya.

"Aturan pemanggilan saksi berlaku umum. Kalau pemanggilan pertama kedua enggak hadir wajib memberi surat pemberitahuan alasan enggak hadir," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Pol Rikwanto di Humas Mabes Polri Jakarta, Selasa (27/1).

Rikwanto menjelaskan, jika pada tahap pemanggilan selanjutnya tak hadir, penyidik KPK berhak memeriksa alasan saksi itu mangkir dari pemanggilannya. "Kalau panggilan ketiga masih enggak hadir penyidik cek apakah suratnya sampai atau yang bersangkutan enggak tahu atau yang bersangkutan tahu tapi mangkir," katanya.

Terakhir, lanjut Rikwanto penyidik berhak melakukan penjemputan paksa terhadap saksi jika dalam pemanggilan selanjutnya tetap mangkir dari pemeriksaan. Dengan catatan, saksi itu terbukti melakukan tindakan sengaja tak menggubris pemanggilan itu. "Kalau tahu ada pemanggilan dan sengaja mangkir bisa dijemput paksa," ujarnya.

Seperti diberitakan, tiga saksi yang dipanggil KPK dalam kasus kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji saat menjabat Kepala Biro Karir Deputi Pembinaan Sumber Daya Manusia Mabes Polri tahun 2003-2006, Komjen Budi Gunawan selalu mangkir. Mereka adalah Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Mabes Polri Brigjen Herry Prastowo dan Kombes Ibnu Isticha.

"Untuk saksi Brigjen Pol Herry Prastowo telah mengirimkan surat, memberitahukan sedang menjalankan tugas operasi," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha di gedung KPK.

Menurut Priharsa, Ibnu mengaku sedang mendampingi mahasiswa S3 di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lemdikpol Mabes Polri. Sementara untuk Kompol Sumardji, jadwal pemeriksaannya seharusnya dilakukan hari ini, namun diketahui pihaknya juga belum hadir ke KPK. (Jr.)**
.

Categories:Politik,
Tags:kpk,