Awasi Apel California!

Awasi Apel California!

Ilustrasi Foto.(Net)

Bandung - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar instruksikan dinas perindustrian dan perdagangan untuk melakukan pengawasan ke lapangan terhadap apel dari Amerika Serikat, khususnya apel yang dikemas di Bidart Bros, Bakersfield, California, karena ada indikasi terkontaminasi bakteri Listeria Monocytogenes.
 
"Dalam hal ini, Disperindag Jawa Barat harus melakukan pengawasan. Itu harus segara karena masalah kesehatan masyarakat. Nanti saya coba pantau juga," kata Deddy Mizwar, di Gedung Sate Bandung, Selasa (27/1/2015).
 
Buah apel dari Amerika Serikat yang terindikasi mengandung bakteri Listeria Monocytogenes ditemukan di wilayah Bogor, Jawa Barat.
 
Ia mengatakan, pengawasan tersebut sangatlah penting dilakukan agar masyarakat tidak resah dengan bahaya bakteri tersebut.
 
"Saat ini pihaknya akan mempelajari dulu bagaimana perkembangan dari isu dan informasi tersebut. Namun yang jelas kalau itu membahayakan bagi kesehatan masyarakat, tentunya harus segera diantisipasi," katanya.
 
Sebelumnya, Kementerian Perdagangan melarang impor apel asal Amerika Serikat, khususnya apel yang dikemas di Bidart Bros, Bakersfield, California, karena ada indikasi terkontaminasi bakteri Listeria Monocytogenes.
 
"Terhadap para importir, dilarang mengimpor buah apel jenis Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros, Bakersfield, California karena diduga terkontaminasi bakteri Listeria Monocytogenes," kata Direktur Jenderal Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan, Widodo, di Jakarta, Senin.
 
Widodo mengatakan, jika apel-apel tersebut sudah berada di gudang para importir, maka tidak diperkenankan untuk didistribusikan ke para pengecer. Namun jika sudah berada pada level pengecer, maka dilarang untuk diperdagangkan (dijual).
 
"Untuk yang sudah sampai di pengecer, dilarang untuk memperdagangkan. Dan untuk para konsumen yang sudah terlanjur membeli, agar tidak mengkonsumsi," kata Widodo.
 
Kemendag secara resmi mengumumkan pelarangan perdagangan produk buah apel jenis Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros., Bakersfield, California, AS, dimana kedua jenis apel, yang biasa dijual dengan merek Grannys Best dan Big B, diduga terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.(AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,

terkait

    Tidak ada artikel terkait