Saus Berperwarna Tekstil Ditarik

Saus Berperwarna Tekstil Ditarik

Petugas dari kepolisian Polrestabes Bandung menyita pabrik saos berbahan kimia.(Foto:TrisDoddy)

 
Bandung - Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Bandung akan menarik saus dan sambal yang menggunakan pewarna untuk tekstil dari sebuah produsen di kawasan Cicukang Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung.
 
"Setelah diungkap oleh Polrestabes Bandung dan ternyata ada barang bukti pewarna tekstil, maka kami imbau pedagang untuk tidak menjualnya," kata Kepala Dinas Diskoperindag Kota Bandung Erik M Taufik di Bandung, Selasa (27/1/2015).
 
Ia menyarankan pedagang untuk tidak menjual, dan saus serta sambel yang pabriknya digrebek itu harus segera ditarik dari peredaran di pasaran.
 
Menurut dia, kemungkinan besar pabrik saus itu tidak memiliki izin usaha. Namun bila sudah memiliki izin dan terbukti menggunakan bahan berbaya itu maka pihaknya bisa mencabut hak paten dan usahanya.
 
Diskoperindag Kota Bandung juga melakukan koordinasi dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (Balai POM) Bandung untuk memastikan kandungan produk yang diduga menggunakan pewarna tekstile itu.
 
"Dengan penarikan produk saos itu, maka masyarakat bisa terlindungi," kata Erik.
 
Ia mengapresiasi langkah kepolisian yang melakukan pengungkapan produk itu, dan pihaknya akan melakukan evaluasi. Erik menyebutkan tugas pokok dan fungsi Diskoperindag adalah melakukan pengawasan dan pengendalian.
 
"Kami akan evaluasi terkait pengungkapan kasus itu agar tidak terjadi di tempat lain," kata Erik M Taufik menambahkan. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,