Puluhan Aktifis GMBI Kritisi BPJS

Puluhan Aktifis GMBI Kritisi BPJS

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Puluhan aktifis Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) melakukan aksi di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Utama Bandung, Selasa (27/1/2015) mengkritisi pelaksanaan jaminan sosial kesehatan yang belum bisa diakses oleh sebagian elemen masyarakat.
 
"GMBI mendesak BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan terhadap masyarakat yang mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS dan mempermudah pelayanan bagi pasien miskin," kata Bambang, koordinator aksi GMBI.
 
Aksi tersebut berlangsung sekitar pukul 10.30 WIB yang langsung melakukan orasi di depan kantor BPJS Kesehatan yang berlokasi di Jalan Laswi Kota Bandung.
 
Akibatnya aktivitas layanan bagi peserta BPJS sedikit terganggu selama aksi berlangsung. Para peserta BPJS yang akan membayar iuran dan yang akan mendaftar jadi peserta harus menunggu untuk mendapat giliran dilayani.
 
Kelompok aktivi itu juga meminta evaluasi sejauh mana MoU atau komitmen antara BPJS kesehatan dengan pihak rumah sakit rujukan sehingga masih ada kesan ada beberapa hal yang belum sejalan yang berakibat pada kurang maksimalnya pelayanan khususnya bagi pasien miskin.
 
Mereka menyerukan agar tidak ada lagi kasus pasien miskin peserta BPJS Kesehatan yang dipingpong pada saat akan berobat dengan berbagai alasan.
 
"Jangan sampai ada pasien miskin yang dipingpon, padahal mereka adalah peserta BPJS yang sah," katanya.
 
Ia menyebutkan, program pemerintah sat ini begitu jelas keberpihakannya kepada masyarakat di sektor pendidikan dan kesehatan, sehingga kedua bidang itu harus terus dikawal berbagai pihak agar bergulir sesuai dengan target. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,