Dewan Dukung Pengembangan Pelabuhan Cirebon

Dewan Dukung Pengembangan Pelabuhan Cirebon

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Komisi II DPRD Jawa Barat mendukung upaya PT Pelindo II yang akan menargetkan pengembangan Pelabuhan Cirebon pada tahun 2015 dan bisa diselesaikan pada tahun 2017 "Tentunya kita sangat bergembira sekali sekalipun ada sedihnya. Dalam artian gagalnya Pelabuhan Cilamaya," kata Ketua Komisi II Ridho Budiman Utama, di Bandung, Selasa (27/1/2015).
 
Pihaknya optimis pengembangan Pelabuhan Cirebon tersebut akan menumbuhkan dan memajukan lagi sektor perekonomian di Jawa Barat menjadi semakin lebih baik lagi.
 
"Terlebih di daerah sana juga akan dibangun Bandara Internasional Kertajati. Semoga ini menjadi pelengkap untuk lebih memajukan sektor ekonomi di sana," kata dia.
 
Ia berharap, dampak positif dari pengembangan Pelabuhan Cirebon jangan cuma dirasakan oleh sekelompok pihak tertentu.
 
"Artinya, begitu pengembangan Pelabuhan Cirebon beres atau selesai. Semua pihak dari mulai pelaku usaha kecil sampai yang besar bisa merasakan manfaatnya," kata dia.
 
Sebelumnya, PT Pelindo II menargetkan pengembangan kapasitas Pelabuhan Cirebon bisa tuntas pada 2017.
 
Direktur Utama PT Pelindo II RJ Lino mengatakan pengembangan akan dilakukan secara bertahap mulai 2015 ini.
 
Menurut dia, rencananya untuk tahap awaal Pelindo akan memperdalam alur dari minus lima yang ada saat ini menjadi minus 10 dengan kedalaman 150 meter.
 
"Jadi pelabuhan itu akan direklamasi menjadi 50 hektare. Dan reklamasi seluas 50 hektare menurutnya setimpal dengan dua kali lipat luas pelabuhan Cirebon saat ini," kata dia. (AY)
.

Categories:Daerah,
Tags:jabar,