Terbitkan Pergub untuk Perketat Bansos

Terbitkan Pergub untuk Perketat Bansos

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (tengah). (Foto : ADE)

Bandung – Untuk mencegah penyimpangan dan penyalahgunaan pada dana bansos (Bantuan Sosial), Gubernur Jawa Barat menginginkan ada aturan yang memperketat penyaluran dana tersebut. Dengan adanya aturan hukum yang jelas penyaluran dana bansos bisa transparan dan bertanggung jawab.

 

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, aturan yang mengatur soal bansos bisa dikeluarkan dalam bentuk Pergub (Peraturan Gubernur).

 

“Masyarakat dalam waktu dekat ini sudah bisa menikmati dana bansos tanpa harus dicurangi, dengan adanya Pergub ini semua pendistribusian bansos akan diawasi dan diperketat, sehingga tidak ada penyelewengan lagi,” kata Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Rabu (28/01/2015).

 

Masih ucap Ahmad Heryawan, dana bansos masih bisa di terima oleh masyarakat karena hal tersebut masih diatur oleh perundang-undangan dan peraturan pemerintah.

 

“Memang sebagian dana bansos ada yang dicoret dan dananya dialihkan keanggaran pendidikan dan kesehatan. Berdasarkan undang-undang dana bansos harus dialoaksikan 10 persen untuk bidang kesehatan dan pendidikan,” ucapnya.

 

Kementerian Dalam Negeri RI mengurangi dana bansos hampir Rp. 3 miliar pada tahun ini dengan total dana sebesar Rp. 9 triliun. Dengan dibuatnya Pergub tentang dana bansos di setiap provinsi diharapkan penyelewengan dana bansos bisa ditekan.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,