Jabar-Australia Jajaki Kerjasama Kemaritiman

Jabar-Australia Jajaki Kerjasama Kemaritiman

Ilustrasi Foto.(Foto:Net)

Bandung - New South Wales, Australia, tertarik untuk menjajaki kerja sama di bidang kemaritiman dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Gedung Sate Bandung, Rabu (28/1/2015).

"Tadi kami kedatangan Pak Konsulat Jenderal New South Wales dan beraudiensi dengan kita dan menjajaki kerja sama yang akan difasilitas antara kita dengan Australia dalam berbagai hal, salah satunya bidang kemaritiman," kata Ahmad Heryawan.

Ia mengatakan penjajakan kerja sama di bidang kemaritiman antara New South Wales dengan Pemprov Jabar sangat cocok karena Jawa Barat memiliki potensi kemaritiman yang bagus di wilayah Jabar Selatan.

"Kemaritiman kita cocok karena punya kawasan Jabar Selatan, di sana ada pasir besi dan di sana juga akan dibangun pusat komunitas pertanian," kata dia.

Menurut dia, jika kerja sama di bidang kemaritiman tersebut berjalan dengan bagus maka bukan tidak mungkin nantinya akan dibangun pelabuhan di Jawa Barat Selatan.

"Maka pemasaran, pengiriman barang nantinya tidak harus lewat darat, tapi bisa lewat laut. Kalau ini dibuka, bisa juga mendongkrang potensi pariwisata, perikanan dan sektor lainnya di Jabar Selatan," kata dia.

Selain di bidang kemaritiman, lanjut dia, New South Wales juga menawarkan kerja sama di bidang pertanian seperti tentang potensi singkong di Jawa Barat.

"Mereka tertarik karena sangat diperlukan. Singkong bisa untuk bahan bakar, kosmetik dan pangan. Kemudian dari tingkat kesehatannya tinggi, karena kalau gula terbuat dari singkong kualitasnya lebih bagus," kata dia. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:ahok,