Hipmi Dorong Pengusaha Terjun ke Sektor Kelautan

Hipmi Dorong Pengusaha Terjun ke Sektor Kelautan

Ilustrasi Foto.(Net)

Bandung - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Barat mendorong para pengusaha muda, khususnya pengusaha pemula, untuk terjun ke sektor kelautan karena memiliki potensi besar dan belum banyak dikembangkan.
 
"Kekayaan laut dan pantai di Pantura maupun Selatan butuh sentuhan dari pengusaha dan peluang itu harus diambil oleh pengusaha muda," kata Ketua BPD Hipmi Jawa Barat Yedi Karyadi di Bandung, Kamis (29/1/2015).
 
Menurut dia, kreatifitas, inovasi dan terobosan bisnis di sektor kelautan diperlukan untuk bisa meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk.
 
Ia mencontohkan salah satunya sektor kelautan yang belum banyak disentuh pengusaha muda adalah rumput laut. Sektor itu sangat potensial dikembangkan di wilayah selatan Jabar, namun selama ini baru dilakukan secara tradisional.
 
Di sisi lain perlu ada jaringan dari hulu dan hilir yang dikoordinasikan dengan manajerial profesional, sehingga kehadiran entrepreneur sangat diperlukan.
 
"Produksi kelautan dan kemaritiman perlu sentuhan dan terobosan. Kami berharap dari kawasan pantai muncul pengusaha-pengusaha muda di sektor kemaritiman," katanya.
 
Pada kesempatan itu, Ketua BPD Hipmi Jabar juga mengimbau para pengusaha muda di provinsi itu untuk memperdalam referensi pengetahuan sentor bisnis kelautan dan kemaritiman.
 
"Referensi terhadap sektor kelautan dari pengusaha perlu ditambah, tak hanya mempelajari tradisi setempat tapi perlu dikolaborasikan dengan 'success story' di daerah lain, dari negara lain," katanya.
 
Ia menyebutkan, dukungan besar dari pemerintah Jokowi-JK terhadap sektor kemaritiman perlu ditangkap oleh para pengusaha muda, baik dalam produksi kelautan maupun sektor lainnya dalam pengembangan kemaritiman seperti proyek tol laut, perkapalan hingga penguatan kapasitas nelayan di tanah air. (AY)
.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,