Pengembangan Industri Bahari Harus Didorong

Pengembangan Industri Bahari Harus Didorong

Ilustrasi Foto(Net)

Bandung- Komisi II DPRD Jawa Barat mendorong Dinas Perikanan dan Kelauatan agar lebih mengembangkan industri bahari yang ada di wilayah Jawa Barat.
 
"Untuk sektor perikanan tidak hanya bicara produksi dan budidaya saja, tanpa mengkaitkan industri baharinya, ini yang sedang kita dorong ke depannya," kata Ketua Komisi II Ridho Budiman Utama, di Kota Bandung, Kamis (29/1/2015).
 
Menurut dia, pengembangan industri bahari tersebut penting untuk dilakukan karena hal tersebut bisa mengoptimalkan nilai dari produk perikanan di Jawa Barat.
 
Ia mencontohkan, ada sebuah koperasi di Subang yang dalam sehari dapat memproduksi 10 ton ikan patin dan dijual di pasaran tanpa diolah terlebih dahulu.
 
"Padahal kalau ada pendekatan teknologi itu kan bisa dijadikan ikan fillet. Itu harga jualnya jauh lebih mahal," kata dia.
 
Dari segi potensi perikanan, kata Ridho, wilayah Jawa Barat sangat melimpah seperti 80 persen pasokan bibit ikan nila di Indonesia disuplai dari wilayah Jawa Barat.
 
"Itu hanya sebagian kecil saja potensi perikanan di Jabar. Makanya kami mendorong agar ke depannya industri bahari harus lebih dikembangkan," kata dia.
 
Menurut dia, sebagai mitra Pemprov Jabar dalam bidang perikanan pihaknya juga akan melakukan pemetaan masalah serta solusinya yang dihadapi sektor perikanan di wilayah Jabar.
 
"Mudah-mudahan, dengan alokasi anggaran untuk sektor perikanan di 2015 anggaran sebesar Rp60,2 miliar bisa menjadi awal untuk kita mengoptimalkan potensi perikanan di Jabar," kata dia. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,