Susaningtyas, Saksi Kasus Komjen Budi Gunawan

Susaningtyas, Saksi Kasus Komjen Budi Gunawan

Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati.(Foto:Net)

Jakarta - Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati, mantan anggota DPR RI juga dipanggil penyidik KPK dalam penanganan kasus suap atau gratifikasi calon Kapolri, Komjen Budi Gunawan.

Nuning, akan diperiksa sebagai saksi terkait penyidikan dugaan suap dan penerimaan hadiah atau janji terkait kepemilikan transaksi tidak wajar Budi Gunawan. Selama ini ia yang pernah bertugas di Komisi I DPR juga dikenal sebagai ahli masalah keamanan dan intelijen.

Menurut KPK, kasus dugaan gratifikasi itu terjadi ketika Budi Gunawan menjabat Kepala Biro Pembinaan Karir Deputi SDM Mabes Polri. "Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka BG (Budi Gunawan)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha, menjelaskan peran Nuning, Kamis (29/1).

KPK juga mengagendakan pemeriksaan terhadap saksi lain, antara lain Sintawati Soedarno Hendroto dan Tossin Hidayat. Dalam jadwal tertera bahwa Sintawati adalah ibu rumah tangga, sedangkan Tossin berprofesi Pegawai Negeri Sipil.  "Mereka juga saksi untuk BG," ujar Priharsa.

Kepala Lembaga Pendidikan Polisi, Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait transaksi mencurigakan atau tidak wajar, pada Selasa 13 Januari 2015.

Calon Kapolri itu diduga melakukan tindak pidana korupsi, yakni diduga menerima hadiah atau janji pada saat menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karir Deputi SDM Mabes Polri periode tahun 2003-2006 dan jabatan lainnya di Kepolisian RI.

Budi disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b, Pasal 5 ayat 2, Pasal 11 atau Pasal 12 B UU 31.1999 tentang Tipikor juncto pasal 55 ayat 1 kesatu KUHPidana. (Jr.)**
.

Categories:Politik,
Tags:kpk,