Unpad Perkuat Kajian Ilmu Kelautan

Unpad Perkuat Kajian Ilmu Kelautan

Kampus Universitas Padjadjaran.(Foto:Net)

Bandung - Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung akan memperkuat kajian dan penelitian ilmu perikanan dan ilmu kelautan sesuai dengan misi mendorong terbentuknya masyarakat ilmiah.

"Sesuai dengan semangat yang kami usung, menjadikan universitas akademik science society atau masyarakat ilmiah, Unpad punya tanggung jawab kewilayahan yaitu Jawa Barat yang mempunyai potensi besar tidak hanya sisi perikanan juga sisi kelautan dan pengembangan pelabuhan," kata Calon Rektor Unpad Prof Dr Tri Hanggono Achmad di Bandung, Kamis (29/1/2015).

Meski Unpad bukan universitas yang berlokasi di daerah pantai, namun dengan disiplin ilmu yang dikembangkan di Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu kelautan memiliki tanggung jawab sosial untuk terjun mensukseskan pembangunan kemaritiman di Indonesia.

"Melalui kegiatan transdisiplin akademik pendidikan penelitian dan pelayanan yang dilakukan sinergi dengan sejumlah potensi dan pemangku kepentingan, diharapkan pembangunan kemaritiman Indonesia bisa terwujud," kata Tri Hanggono.

Ia menyebutkan, ada dua hal dalam membangun kemaritiman yakni secara akademik memfasilitasi agar punya grand dengan diberikan dana Rp1 miliar selama lima tahun, target terdekat memang membina dua lektor kepala doktor dan empat lektor doktor, tapi implementasinya dalam bentuk riset yang punya dampak pada masalah kemaritiman untuk kepentingan masyarakat.

Selain itu penguatan laboratorium dengan membangun kerja sama berbagai sektor, untuk teknologi terapannya melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

"Sesuai target nasional, kemaritiman itu bukan hanya menjadi garapan mereka yang dekat dengan sektor kemaritiman saja, tapi semua disiplin ilmu bisa masuk.

Ia mencontohkan bidang hukum, dimana Unpad terkenal dalam leader hukum internasional, yaitu hukum kelautan. Bisa juga pendekatan kemaritiman dari disiplin ilmu kesehatannya, ekonomi, dan budaya. Semuanya harus sinergi.

Tri Hanggono merupakan salah satu calon Rektor Unpad periode 2015-2020 yang lolos dalam seleksi yang berhak maju ke pemilihan bersama dua calon lainnya yakni Prof Dr Hendarmawan (Geologi) dan Prof Dr Rina Indiastuti.

Ketiga calon itu berhak ke tahapan pemilihan Rektor Unpad yang akan digelar pada 12 Februari 2015. (AY)

.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,