Lokasi Pergerakan Tanah Dipasang Garis Polisi

Lokasi Pergerakan Tanah Dipasang Garis Polisi

Ilustrasi Foto.(Foto:Net)

Cianjur - Petugas pasang garis polisi di lokasi pergerakan tanah di Kampung Cikancana, Desa Cikancana, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jabar, guna menghindari korban jiwa akibat pergerakan tanah yangh terus meluas dan merobohkan bangunan.

Kapolsek Sukaresmi, AKP Sutarna, dihadapan wartawan, Kamis (29/1/2015), mengatakan, pihaknya sengaja memasang garis polisi, agar warga tidak masuk ke areal perkampungan terutama ke rumah yang terancam ambruk akibat pergerakan tanah itu.

Bahkan pihaknya menempatkan sejumlah anggota berseragam, dibantu anggota TNI di sekitar lokasi, untuk mengamankan lokasi dari warga yang ingin kembali atau hanya sekedar melihat-lihat keberadaan rumahnya.

"Kami telah mengimbau warga untuk tidak masuk ke perkampungan atau ke rumahnya masing-masing karena pergerakan tanah terus meluas dengan intensitas tinggi, bahkan hari ini beberapa rumah yang dilintasi pergerakan tanah ambruk nyaris rata dengan tanah," katanya.

Garis polisi itu, ungkap dia, akan terus dipasang hingga pihak terkait menyatakan kawasan itu, aman dari pergerakan tanau atau sampai ditetapkan apakah perkampungan itu masih layak ditempati atau tidak.

"Kami akan tempatkan anggota dibantu TNI, sampai wilayah ini dinyatakan aman, atau tertutup dari seluruh aktifitas. Sejauh ini info yang kami dapat dari BPBD kawasan ini tertutup dari aktifitas karena pergerakan tanah cukup tinggi," katanya.

Pantauan, hingga sore sejumlah warga masih terlihat melakukan aktifitas sehari-hari diladang dan sawah yang terletak tidak terlalu jauh dari perkampungan. Mereka berharap pemerintah daerah segera merelokasi perkampungan tersebut karena mereka menilai tidak dapat lagi menempati wilayah tersebut.

Seperti diberitakan, 30 rumah milik warga di Kampung Cikancana, ambruk hingga nyaris rata dengan tanah akibat pergerakan tanah 20 centimeter setiap jamnya. Bahkan 80 rumah lainnya terancam mengalami hal yang sama, sehingga ratusan jiwa terpaksa mengungsi ke Balai Desa Sukamah. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:bencana,