Rakayasa Alun-alun Timur Hanya Alihkan Kemacetan

Rakayasa Alun-alun Timur Hanya Alihkan Kemacetan

Ilustrasi Foto.(Foto:tribun)

Bandung - Rekayasa Jalan Alun-alun Timur Kota Bandung rencananya akan dibuat satu arah, sebagai pengalihan arus lalu lintas dari arah Jalan Dalem Kaum ke arah Jalan Asia Afrika.

Menanggapi hal itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung E M Ricky G menuturkan, hingga saat ini rekayasa jalan itu masih dalam masa percobaan, rencananya akan dilakukan sampai satu minggu ke depan.

"Kami sedang lakukan percobaan selama satu minggu ini, nanti kemudian akan kami evaluasi," ujarnya di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat (30/1/2015).

Dia menjelaskan, uji coba rekayasa jalan diharapkan mampu membawa dampak baik terhadap lalu lintas di jalan lainnya. Misalnya, di jalan Dewi Sartika, Dalem Kaum, Lengkong Besar, Lengkong Kecil, Kaca Kaca Wetan, Karapitan, Asia Afrika, sampai ke Simpang Lima.

"Tingkat keberhasilannya memang dengan diberlakukannya manajemen di Alun-alun Timur ini memberikan dampak pada peralihan lalu lintas di Jalan Dewi Sartika, Dalem Kaum, Lengkong Besar dan Lengkong Kecil, juga di jalan Kaca Kaca Wetan serta Simpang Lima dan Jalan Karapitan. Namun kalo kita liat bila indikasi yang ada sekarang di Jalan Asia Afrika dan Merdeka itu cukup lancar tidak ada gangguan," bebernya.

Pengalihan jalur jalan itu memang sengaja dilakukan karena melihat kondisi di lapangan, sering terjadi penghambatan jalan di sekitaran Jalan Dewi Sartika, dan juga untuk mengurai kemacetan di wilayah sekitaran Alun-alun.

Ricky menuturkan,  fasilitas rambu maupun pengaturan sistem lalu lintas akan segera dilengkapi setelah pengaturan jalan tersebut  dipermanenkan.

"Memang kondisi ini yang diinginkan selama ini memang arus pertemuan antara Alun-alun Timur dan Dewi Sartika sering terjadi delay, dan sering ada antrian panjang disana," paparnya.

Ricky berharap, dengan uji coba yang sedang dilakukan dalam yang waktu singkat ini berhasil, apabila berhasil maka pengalihan jalur lalu lintas di Alun-alun Timur ini akan dipermanenkan. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,