Beras Tasikmalaya Tembus Pasar Internasional

Beras Tasikmalaya Tembus Pasar Internasional

Ilustrasi Foto.(Foto:Net)

Jakarta - Gabungan Kelompok Tani Simpatik Tasikmalaya yang merupakan proyek sosial dari Sunria berhasil mengembangkan produk beras organik yang telah menembus pasar internasional dan menerima beberapa penghargaan.

"Tercatat, produk kami sudah dipasarkan di Amerika Serikat, Jerman, dan negara Eropa lainnya," kata Ketua Gabungan Kelompok Tani Simpatik Tasikmalaya Saiful Bahri dalam acara "Temu Komunitas Organik" di Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Ia menyebutkan terdapat tiga jenis beras andalannya yang sudah terjual di pasar internasional, antara lain Pandan Rice, Volcano Rice, dan Rainforest Rice.

"Ketiganya juga sudah lolos sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Organik (LSO) dan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN)," kata Saiful.

Ia menjelaskan bahwa Panda Rice merupakan beras dengan aroma pandan yang diproses seminimal mungkin sehingga berbeda dengan beras putih lainnya yang melalui pemolesan sampai menjadi bening. Namun, nutrisinya hilang semua.

"Dengan cara kami tersebut, masih banyak kandungan nutrisi yang ada di beras," katanya.

Selanjutnya, kata Saiful, adalah Volcano Rice yang sudah memenangi penghargaan bergengsi di Amerika Serikat, yaitu SOFI Silver Award untuk kategori Outstanding USDA-Organic Product.

"Beras ini ditanam di tanah vulkanis sehingga kandungan mineralnya sangat tinggi, seperti magnesium, mangan, dan zinc. Maka, beras yang berwarna-warni ini sangat cocok untuk keluarga yang memiliki anak-anak kecil," tuturnya.

Kemudian, dia menjelaskan bahwa Rainforest Rice, yaitu beras yang apabila dimasak warnanya keunguan.

"Istimewanya beras ini adalah mengandung antioksidan yang tinggi. Jadi, selain mencegah kanker, beras ini juga bisa membuat awet muda," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa produk organik berasnya bukan hanya untuk kesejahteraan petani atau melestarikan lingkungan, melainkan juga memastikan bahwa masyarakat bisa mengonsumsi produk yang baik bagi kesehatan mereka.

Sunria merupakan proyek sosial yang membantu petani berskala kecil untuk mengembangkan hasil pertanian dengan cara-cara yang organik, salah satunya adalah memproduksi beras premium organik.

Gabungan Kelompok Tani Simpatik Tasikmalaya merupakan salah satu proyek sosial yang dibantu oleh Sunria untuk memproduksi beras organik sehingga bisa menghasilkan tiga produk beras organik yang bisa menembus pasar internasional.

Selain itu, Sunria juga telah berhasil mendapat empat sertifikat internasional terkait dengan produksi beras organik tersebut, antara lain Organic Regulation EEC, Japanese Agriculture Standard, National Organic Program, dan Fair for Life. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:bandung,