Atlet Korsel Tak Sebatas Berlatih Teknik

Atlet Korsel Tak Sebatas Berlatih Teknik

Atlet taekwondo asal Korea Selatan Gyeong San Buk Do.(Foto:BimaAdi)

Bandung - Uji tanding dan latihan bersama atlet Korea Selatan tidak sebatas berlatih teknik, namun juga mencermati disiplin, mental dan budaya latihannya, kata Sekretaris Umum KONI Jawa Barat MQ Iswara di Bandung, Jumat (30/1/2015).

"Dalam uji tanding dengan atlet Korea tak boleh berpuas saat bisa meraih point tinggi, tapi harus mencermati dan mencontoh hal non teknis yang positif dari mereka, salah satunya budaya berlatih dan pembentukan psikologi tim," kata Iswara.

Awal tahun 2015, sejumlah atlet Korea Selatan dari sejumlah cabang olahraga berlatih di Bandung yakni cabang menembak, panahan, renang, taekwondo, tinju dan judo. Mereka beruji tanding melawan atlet Pelatda PON XIX/2016.

Seperti atlet cabang panahan, akan berlatih bersama atlet Jabar hingga 3 Februari 2015. Sebanyak 12 atlet panahan asal Negeri Gingseng itu berlatih di Kompleks Padjadjaran Sport Center Jalan Padjadjaran Kota Bandung.

"Pasti ada hal-hal non teknis yang bisa dicontoh dari mereka, seperti bagaimana mereka bersikap dan bagaimana mereka memposisikan senioritas atlet menjadi hal positif dalam latihan," kata MQ Iswara.

Selain untuk meningkatkan prestasi, belajar dari atlet luar negeri itu juga sebagai bekal bisa suatu saat menjadi pelatih atau pembina cabang olahraga itu.

"Terlebih dua dari duabelas atlet panahan itu merupakan tim olimpiade Korea," kata Iswara.

Kemampuan adaptasi dan manajemen latihan kata dia merupakan salah satu yang perlu terus ditingkatkan seorang atlet.

Sementara itu salah seorang atlet ronde compount Jawa Barat meyebutkan banyak menimpa pengalaman dari kehadiran atlet Korea dalam latihan bersama di Bandung itu. Salah satunya adaptasi dengan kondisi lapangan serta memanfaatkan hal non teknis dalam menghargai seorang sernior.

"Contoh kecil saja, atlet junior terbiasa mencabut anak panah dari atlet senior dan diskusi mengalir antara atlet senior dan junior. Ada penghargaan bagi atlet senior yang dikelola secara positif untuk peningkatan prestasi di sana," kata atlet itu.

Ia mengakui banyak mendapat pengalaman berharga baik saat berlatih di Korea maupun saat berlatih di Bandung. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:olahraga,