Israel Bangun 430 Rumah di Tepi Barat

Israel Bangun 430 Rumah di Tepi Barat

Ilustrasi Foto.(Foto:Net)

Jerusalem - Pemerintah Israel Jumat (30/1/2015) membuka tender yang diterbitkan untuk membangun 430 rumah pemukim baru di Tepi Barat yang diduduki, kata kepala sebuah LSM yang memantau aktivitas pemukiman kepada AFP.

"Ini adalah pembukaan pintu air pemukiman," kata Daniel Seidenmenn, kepala kelompok Terrestrial Jerusalem, dan menambahkan bahwa pengumuman itu pertama sejak Oktober 2014 dan tidak mungkin menjadi yang terakhir sebelum pemilihan umum 17 Maret.

Dia mengatakan bahwa rumah-rumah baru yang akan dibangun dalam empat permukiman yang ada di Tepi Barat - 112 di Adam, 156 di Elkana, 78 di Alfei Menashe dan 84 di Kiryat Arba.

Seidenmenn, yang kelompoknya terutama memantau pemukiman di Jerusalem timur yang dicaplok Israel, memperkirakan bahwa kemungkinan rencana membangun pemukiman lagi akan diumumkan dalam waktu dekat.

"Saya tidak berpikir itu berakhir," katanya. "Saya akan sangat prihatin atas perkembangan ini." Ini terkait tender baru untuk pemilu di mana Partai Likud Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bersaing dengan pihak sayap kanan lainnya untuk merebut suara para pemukim.

"Ini bisa menjadi kecelakaan," katanya. "Ini tidak bisa terjadi tanpa sepengetahuan dan persetujuan Netanyahu." Israel menduduki Tepi Barat dalam perang Enam Hari tahun 1967.

Pembangunan permukiman ada adalah ilegal berdasarkan hukum internasional dan ditentang oleh Amerika Serikat serta masyarakat internasional sebagai hambatan bagi kesepakatan perdamaian terakhir dengan Palestina. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:wisata,