Segera Hijaukan Pesisir Pantai

Segera Hijaukan Pesisir Pantai

Ilustrasi Foto(Net)

Bandung - Tokoh masyarakat pesisir pantai Kabupaten Tasikmalaya, Jabar, harapkan pemerintah maupun perusahaan untuk peduli memperbaiki lingkungan dengan menghijaukan kawasan pesisir pantai selatan Tasikmalaya yang sebelumnya rusak oleh penambangan pasir besi.

"Kalau ditanami pepohonan maka alam akan seimbang lagi, sekarang kelihatan semrawut, hijau alam pantai tidak ada," kata tokoh masyarakat peduli lingkungan Gunawan melalui telepon seluler, Jumat (30/1/2015).

Ia menuturkan, pesisir pantai selatan Tasikmalaya sudah terlihat tidak asri lagi, bahkan terkesan semrawut bekas lokasi penambangan pasir besi yang sampai menimbulkan kerusakan lingkungan.

Akibat rusaknya lingkungan pesisir pantai itu, kata dia, menyebabkan hilangnya habitat penyu dan biota lainnya di laut Tasikmalaya.

"Karena alamnya rusak penyu mau bertelur juga gak jadi, kalau ditanami pohon, alamnya diperbaiki pasti penyu akan ada lagi," kata penasehat Forum Relawan Bencana Tasikmalaya itu.

Gunawan mengungkapkan, sempat beberapa kali mengusulkan ke Dinas Lingkungan Hidup Tasikmalaya untuk aktif melakukan penanaman pohon sebagai upaya memperbaiki lingkungan di pesisir pantai.

Ia berharap, selain kepedulian dari pemerintah, perusahaan swasta maupun milik negara dapat membantu penghijauan di sepanjang pantai Tasikmalaya.

"Kami disini sebagai warga sudah siap untuk menjaga lingkungan, mengembalikan alam sepeti dulu lagi, tinggal dukungan dari pemerintah dan semua pihak," katanya.

Namun, ia juga berharap kepedulian menanam pohon dari pemerintah maupun perusahan dapat melibatkan masyarkat pesisir pantai.

Jika masyarakat dilibatkan dalam penanaman pohon, kata dia, maka akan tumbuh rasa memiliki untuk menjaga pohon tersebut agar tetap tumbuh besar.

"Jangan menanam saja kemudin ditinggal, nah kalau warga setempat dilibatkan tentunya akan dijaga akan merasa memiliki," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,