Jabar Gelar Lomba Presenter Bahasa Sunda

Jabar Gelar Lomba Presenter Bahasa Sunda

Ilustrasi Foto(Net)

Bandung - Jawa Barat menggelar Lomba Presenter Bahasa Sunda "Pasanggiri Wiracarita Basa Sunda" 2015 memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional yang puncaknya pada 21 Februari 2015.

"Pasanggiri ini untuk memberikan motivasi kepada generasi muda untuk lebih mencintai Bahasa Indung (Bahasa Sunda) serta mengembangkan kemampuan masyarakat Jawa Barat khususnya generasi muda untuk menggunakan Bahasa Sunda," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Drs Wahyu Iskandar di Bandung, Jumat (30/1/2015).

Lomba presenter dengan menggunakan bahasa ibu itu kategori lomba yakni tingkat anak-anak usia 90-12 tahun, remaja 13-17 tahun dan dewasa 18-22 tahun.  Wahyu menyebutkan, pelaksanaan Lomba Presenter Bahasa Sunda ini sebagai salah satu upaya mengapresiasi dan memberi wadah bagi para presenter untuk piawal berbahasa daerah.

"Bahasa Sunda merupakan salah satu bahasa daerah yang hidup dan berkembang di Jawa Barat dan digunakan dalam percakapan sehari-hari," katanya.

Bahasa Sunda sarat dengan nilai-nilai pendidikan dan karakter bangsa, menghaluskan budi pekerti, meningkatkan kepekaan, mempertajam rasa kemanusiaan, dan kepedulian sosial serta sarana menyalurkan gagasan dan imajinasi secara kreatif.

Lebih lanjut ia menyebutkan, kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pelestarian bahasa sunda melalui program aktualisasi yang diaplikasikan melalui kegiatan Lomba Presenter Bahasa Sunda.

Bentuk lomba presenter berupa lomba membawakan/memandu sebuah acara/program di media elektronik (TV dan Radio).

Diharapkan peserta bisa mampu dan lancar dalam berbahasa Sunda, mampu mewujudkan diri sebagai pribadi yang santun sebagai identitas kesundaannya, mampu mempresentasikan atau membawakan sebuah program, secara baik sesuai standar yang ada.

"Final di Saung Angklung Udjo Sabtu 21 Februari 2015," katanya menambahkan. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,