ISO Penting untuk Mutu Pendidikan SMK

ISO Penting untuk Mutu Pendidikan SMK

SMK berkualitas harus berstandar ISO.(Foto : ADE)

Bandung - Memperoleh sertifikat ISO untuk standar SMK itu sangat penting guna menjamin mutu pendidikan. Mulai dari manajemen mutu hingga akreditasi jurusan harus berstandar ISO.

 

Berdasarkan informasi dari Wakasek SMKN 7 Kota Bandung, Ane, SMK penting memiliki sertifikat ISO karena dengan itu kita akan mempunyai standar mulai dari fasilitas yang baik, pengajar yang bagus, hingga masalah akreditasi.

 

“Adanya gelar ISO otomatis meningkatkan mutu dan sarana pendidikan di SMK, ruang dan fasilitas lab harus ditingkatkan. Jika sudah berstandar ISO, akreditasi pun harus naik sampai kategori A (Amat Baik),” kata Ane saat ditemui di ruang kerja SMKN 7 Kota Bandung Jl. Soekarno Hatta, Kota Bandung, Sabtu (31/01/2015).

 

Ane menambahkan, adanya predikat SMK berstandar ISO sangat dibutuhkan saat ini, hal itu disebabkan karena kebutuhan industri akan tenaga kerja berkualitas cukup tinggi.

 

“Dari ISO itukan semuannya serba berstandar, mulai dari pembelajaran, fasilitas hingga mutu lulusan dilihat. Jadi kalau SMK yang sudah punya predikat ISO, otomatis lulusannya pasti bermutu dan berkualitas,” tambahnya.

 

 

SMKN 7 Kota Bandung sejak dulu sudah memiliki sertifikat sebagai sekolah berstandar ISO 9001 : 2000, dengan begitu hampir 90 persen lulusannya terserap industri dalam setiap tahunnya. Selain itu SMKN 7 Kota Bandung pun pernah mendapat sertifikat ISO dari German. (Jr.)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,