Wagub Jabar Terima Kunjungan Delegasi Victoria

Wagub Jabar Terima Kunjungan Delegasi Victoria

Wagub Jabar Terima Kunjungan Delegasi Victoria

Bandung– Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menerima kunjungan kehormatan delegasi pemerintah negara bagian Victoria, Australia, yang diwakili oleh komisioner perdagangan negara bagian Victoria untuk Indonesia, Brett Stevens, di Ruang Lokantara, Gedung Sate, Selasa (30/09/2014).

Kunjungan kehormatan tersebut adalah yang kedua kalinya, sejak penandatanganan Letter of Intent (LoI) antara Jawa Barat dengan pemerintah negara bagian Victoria  pada 18 Juni 2013 lalu.Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka tindak lanjut atas LoI yang sudah ditandatangani. Keduanya akan merealisasikan LoI tersebut melalui  program konkret yang dapat dilaksanakan oleh negara bagian Victoria dan Provinsi Jawa Barat.

Hal ini disambut baik oleh Deddy Mizwar selaku Wakil Gubernur Jawa Barat.Deddy Mizwar mengatakan, berbagai potensi ada di Jawa Barat, mulai dari potensi agrikultur sebagai lumbung padi terbesar di Indonesia, potensi energi geothermal, infrastruktur, pariwisata, budaya, manufaktur, hingga berbagai kemajuan dalam bidang pertumbuhan ekonomi.“Kita harapkan ada tindakan konkret, karena sudah ada Letter of Intent dengan Victoria,” ungkap Deddy.Dari segi ekonomi, Victoria merupakan negara bagian yang maju. Brett Stevens menjelaskan, potensi ekonomi Victoria lebih besar dibandingkan Singapura, Hongkong, dan New Zealand jika disatukan. Victoria merupakan negara penyuplai 10% daging sapi dan 50% menyumbang lahan untuk peternakan sapi di seluruh dunia.

Victoria menghasilkan 11,5 triliun dolar Australia dari sektor agrikultur dan 2,4 triliun di antaranya berasal dari produksi daging sapi.Hal tersebut  menjadi ketertarikan Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat,  Ir. Dody Firman Nugraha, untuk melakukan kerjasama dalam bidang peternakan. Diakui Deddy, Jawa Barat memang kekurangan sapi. Sementara Jawa Barat memiliki lahan-lahan yang cocok untuk peternakan sapi, seperti Pangalengan dan Lembang.Hal tersebut disambut baik oleh para delegasi dari negara bagian Victoria yang juga turut didampingi oleh Nico Kiroyan selaku Direktur Investasi, Belinda Rimbo selaku Direktur Pelayanan Pendidikan, Nico Panjaitan selaku Direktur Perdagangan, dan Nikki Utomo selaku Manajer Hubungan Pemerintahan.

Berbagai sektor

Dalam pertemuan ini turut hadir pula Asisten Pemerintahan Hukum dan HAM Sekda Provinsi Jawa Barat, Kepala BKPPMD Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Pendidikan Povinsi Jawa Barat, Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama Setda Provinsi Jawa Barat, dan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat.Pada tahun 2013, pemerintah termasuk Jawa Barat telah menyepakati kerjasama dalam bidang pendidikan, peternakan, dan budaya dengan melibatkan lebih dari 300 perusahaan dan 450 delegasi dari negara bagian Victoria melalui kegiatan The South East Asia Super Trade Mission (STM) dipimpin langsung oleh Premier Victoria yang baru, Dr. Denis Napthine.Fokus STM diutamakan untuk membuka peluang dalam sektor otomotif, penerbangan, pendidikan tinggi dan pelatihan pendidikan kejuruan, pangan dan agribisnis, kesehatan dan lansia, komunikasi informasi dan teknologi, pariwisata, urbanisasi dan infrastruktur serta manajemen dana dan kekayaan.  Jawa Barat lebih memfokuskan pada tiga hal, yakni pendidikan, peternakan, dan kebudayaan. (AY)

.

Categories:Nasional,