Pendataan Program Menanam Pohon di Jabar Dinilai Lemah

Pendataan Program Menanam Pohon di Jabar Dinilai Lemah

Pendataan Program Menanam Pohon di Jabar Dinilai Lemah. (Foto: Net)

Bandung – Salah satu kelemahan dari program menanam pohon yang dicanangkan oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, perusahaan, dan lembaga-lembaga lain yang melaksanakannya, adalah lemahnya pendataan yang dilakukan terhadap keberadaan pohon-pohon yang ditanam tersebut.

Demikian disampaikan oleh Febri, salah seorang anggota komunitas twitgreen.com yang hadir menemui Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dalam sebuah audiensi di Gedung Sate, Selasa (30/09/2014).

“Tidak ada data ril dari penanaman pohon tersebut,” ujarnya.Inilah yang mendasari digagasnya sebuah aksi melalui pendekatan teknologi informasi untuk mendata pohon-pohon yang ditanam melalui “Gerakan Menabung Pohon”. Kegiatan ini bermula dari inisisasi sebuah Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh Pertamina Foundation melalui “Gerakan Sobat Bumi”.

Twitgreen melakukan pendataan pohon-pohon yang ditanam melalui “Gerakan Menabung Pohon” dengan teknik geotagging. Dengan melakukan pemotretan pada tiap-tiap pohon, para relawan twitgreen kemudian memasukkannya ke dalam database, sehingga jumlah dan letak pohon-pohon tersebut dapat diakses dan dilacak melalui internet.Aksi “Gerakan Menabung Pohon” ini sudah dilaksanakan oleh “Gerakan Sobat Bumi” sejak tahun 2011. Langkah yang dilakukan adalah mengajak masyarakat melalui pendekatan ekonomi. Pohon-pohon yang ditanam adalah pohon-pohon produktif, yang kelak hasilnya juga dapat dinikmati oleh masyarakat.Hal ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat, sehingga sampai saat ini jumlah pohon yang ditanam sudah melampaui target. Terdapat 236 juta pohon yang telah ditanam sementara target yang ditetapkan adalah 100 juta pohon.Deddy Mizwar mengatakan, permasalahan menanam pohon bukan hanya masalah lingkungan, tetapi juga budaya, ekonomi, serta gaya hidup.“Hal ini harus disebarkan secara luas, tentang bagaimana membangun kesadaran melestarikan lingkungan. Menanam pohon bukan sekadar menanam pohon, tetapi bagaimana mengubah mindset masyarakat seluas-luasnya (akan) kesadaran tentang bagaimana melestarikan, menjaga pohon sebagai sebuah siklus kehidupan,” pungkasnya. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:bandung,