Peritel Proaktif Awasi Barang di Jabar

Peritel Proaktif Awasi Barang di Jabar

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Peritel selama ini telah proaktif melakukan pengawasan barang produk dalam negeri maupun impor, termasuk buah apel, yang masuk ke toko modern, kata Sekretaris Umum Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia (Aprindo) Jawa Barat.
 
"Jajaran kami para peritel cukup proaktif melakukan pengawasan barang-barang lokal atau produk dalam negeri dan juga impor. Khusus untuk barang impor pengujiaanya di tingkat pusat sehingga kami hanya melakukan pengawasan kemasannya saja," kata Sekretaris Umum Aprindo Jabar Hendri Hendarta di Bandung, Minggu.
 
Ia menyebutkan, pengawasan terhadap produk basahan terutama sayur mayur dan buah buahan juga dilakukan secara intensif, meski tidak sampai pada pengujian labortorium.
 
"Perusahaan ritel melakukan pengujian kemasan, sedangkan uji lab sebelum barang itu masuk. Pengecekan cukup ketat, sedangkan untuk uji labnya kami berpatokan pada label di kemasan," katanya.
 
Termasuk terkait adanya buah apel yang masuk pasar modern yang mengandung zat berbahaya bagi kesehatan, pihaknya proaktif melakukan penarikan. Dan saat ini dipastikan produk itu sudah ditarik dari semua pasar modern di Jabar.
 
"Penarikannya perlu diawasi, jangan sampai bocor ke pasar atau pengecer. Itu harus diantisipasi juga," kataya.
 
Lebih lanjut, Hendri menyebutkan, pihaknya selalu berkoordinasi dan mengikuti regulasi produk yang dikeluarkan oleh pemerintah malalui Balai POM maupun Dinas Industri dan UMKM.
 
Tidak hanya berkaitan dengan peredaran apel impor beracun, Henri mengungkapkan, berkenaan dengan pelarangan penjualan minuman beralkohol, pihaknya senantiasa menaati setiap peraturan yang diterbitkan pemerintah.
 
"Pemerintah Kota Bandung memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang pelarangan penjualan minuman beralkohol. Tentunya, kami siap menaatinya," kata Henri menambahkan.
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,