Seribu Bakiak untuk Masjid

Seribu Bakiak untuk Masjid

Ilustrasi.(Foto:Net)

Surabaya - Komunitas Wirausaha Muslim (KWM) membagikan seribu bakiak untuk sekitar 200 masjid yang tersebar di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik sebagai sarana jamaah mengambil air wudhu sebelum menunaikan sholat.
 
"Meski hanya menyumbang sepasang sandal atau bakiak, namun efeknya sangat besar dan memang dibutuhkan," ujar Anggota KWM Muhammad Lukman Hakim di sela pembagian bakiak di Masjid Muhammad Cheng Ho di Surabaya, Minggu (1/2/2015).
 
Pembagian bakiak ini juga merupakan bagian dari syiar sekaligus kegiatan sosial paling sederhana yang anggarannya didapat dari kepedulian donatur.
 
Selain itu, pihaknya berharap membantu memberdayakan Usaha Kecil Menengah (UKM) perajin sandal tradisional yang saat ini terancam gulung tikar dan tidak bisa berproduksi akibat serbuan produk impor.
 
"Cukup susah mencari perajin bakiak sekarang hingga akhirnya ada di Singosari, Malang. Mereka awalnya pesimis, tapi syukurlah sekarang pesanannya mencapai ribuan dan membangkitkan gairah perajin sandal tradisional," katanya.
 
Dari target distribusi 1.000 pasang bakiak, saat ini total sudah ada sekitar 1.700 bakiak yang siap dibagikan menyebar di ratusan masjid-masjid.
 
Tidak hanya bakiak, pihaknya saat ini juga tengah mengumpulkan 1.000 hijab khusus untuk muallaf atau orang yang baru memeluk agama Islam.
 
Sementara itu, Ketua Pengurus Masjid Cheng Ho Surabaya Haryono mengapresiasi dan berterima kasih kepada kelompok yang peduli dan membagikannya sandal bakiak untuk jamaah.
 
Menurut dia, jamaah yang menunaikan sholat di Masjid Cheng Ho mayoritas bukan warga setempat sehingga sering tidak siap sandal sendiri dan memilih menggunakan sepatunya untuk mengambil air wudhu.
 
"Kalau sudah ada bakiak, tentu sangat bermanfaat bagi jamaah sehingga sepatunya tidak sampai basah. Terima kasih kepada KWM karena sudah membantu," ucapnya.
 
Imam besar masjid tersebut juga mengakui bantuan berupa bakiak ini baru pertama kali ada dan dipastikan sangat bermanfaat sebagai sarana masjid.
 
"Meski hanya berupa sandal bakiak, namun sangat penting dan Insya Allah menjadi bagian dari ibadah," katanya sembari menerangkan bahwa Masjid Cheng Ho mendapat sumbangan 30 pasang bakiak. (AY)
.

Categories:Unik,
Tags:unik,