Ledakan Bom Mobil di Irak Tewaskan 13 Orang

Ledakan Bom Mobil di Irak Tewaskan 13 Orang

Ledakan Bom Mobil di Irak Tewaskan 13 Orang. (Foto: Reuters)

Baghdad - Sedikitnya 13 orang tewas dan sebanyak 29 orang lagi cedera pada Selasa (30/9) dalam ledakan terpisah bom mobil, yang ditujukan kepada daerah komersial di Provinsi Syiah di Irak Selatan dan Tengah.

"Delapan orang tewas dan sebanyak 10 orang lagi cedera, ketika satu bom mobil meledak di bagian timur Kota Suci Syiah, Karbala, sekitar 110 kilometer di sebelah selatan Ibu Kota Irak, Baghdad," kata seorang sumber polisi lokal yang tak ingin disebutkan jatidirinya kepada Xinhua.

Di Provinsi Babilonia, satu mobil yang dipasangi bom meledak di tempat parkir di Kota Kecil Iskandariyah, sekitar 50 km di sebelah selatan Baghdad, menewaskan tiga orang dan melukai sembilan orang lagi, selain merusak lebih dari 20 mobil.

Satu bom mobil lagi mengguncang Kota Kecil Kefil di Ibu Kota Provinsi Babilonia, Hilla, sekitar 100 kilometer sebelah selatan Baghdad, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa malam. Ledakan itu menewaskan dua orang dan melukai delapan orang lagi, kata satu sumber polisi provinsi.

Satu bom mobil lagi meledak di tempat parkir yang dipenuhi kendaraan di Kota Penghasil Minyak, Basra, sekitar 500 km di sebelah selatan Baghdad, sehingga melukai dua orang dan merusak beberapa mobil warga sipil di dekatnya.

Menurut Misi Bantuan PBB untuk Irak, aksi teror dan kekerasan telah menewaskan 5.576 warga sipil di Irak dalam semester pertama tahun ini, dan melukai 11.666 orang lagi. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,