Pintu Keluar KA Lokal via Selatan Stasiun Bandung

Pintu Keluar KA Lokal via Selatan Stasiun Bandung

ilustrasi. (Net)

Bandung - PT KA Daop II Bandung memberlakukan aturan pintu keluar dan masuk bagi penumpang KA lokal dan KRD Bandung Raya semuanya melalui pintu selatan Stasiun Bandung.
 
"Menyusul meningkatnya jadwal perjalanan KRD Bandung Raya membuat pintu di Stasiun utara terlalu padat, sehingga mulai 1 Februari 2015 semua penumpang KA lokal dan KRD Bandung Raya keluar dan masuk melalui Stasiun selatan," kata Kepala PTKA Daop II Bandung Ahmad Nazib di Bandung, Senin (2/2/2015).
 
Ia menyebutkan rekayasa pinti keluar masuk bagi pengguna jasa KA lokal melalui stasiun selatan itu dalam rangka meningkatkan keselamatan dan kenyamanan penumpang.
 
Sosialisasi telah dilakukan sejak 20 Januari, dan diharapkan para pengguna jasa KA lebih mengerti ndan memahami maksud dari pengaturan arus keluar masuk pengguna jasa di Stasiun Bandung.
 
"Semua KA lokal berhenti di jalur 1 hingga 3, sehingga lebih dekat ke pintu selatan. Sedangkan di dekat pintu utara banyak langsiran sehingga cukup rawan bagi penumpang KA lokal yang jumlahnya banyak," katanya.
 
Abdul Nazib menyebutkan, dalam sehari jumlah penumpang KA di Stasiun Bandung mencapai 36.000, dan 29 ribu diantaranya penumpang KA lokal dan KRD Bandung Raya.
 
Selain memberlakukan arus keluar dan masuk penumpang, mulai 1 Februari juga diberlakukan sistem pengarutan sistem boarding yang lebih ketat bagi pengguna jasa KA di stasiun Bandung.
 
"Selain penumpang KA jarak jauh, penumpang KDR Bandung Raya juga sudah terbiasa mengikuti boarding, antri di sana dan semakin tertib," katanya.
 
Pengatura sistem boarding itu mewajibkan calon pengguna jasa KA untuk melakukan boarding paling cepat sejak sebelum berangkat atau paling lambat lima menit sebelum berangkat KA sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengguna jasa KA lainnya.
 
"Petugas boarding dan kru KA akan menutup pintu stasiun dan pintu kereta lima menit sebelum berangkat," kata Kepala PTKA Daop II Badung itu menambahkan.(AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,