MenPAN-RB Panggil Ahok Terkait Gaji PNS

MenPAN-RB Panggil Ahok Terkait Gaji PNS

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Yuddy Chisnandi.(Foto:Dudung)

Jakarta - Kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI Jakarta yang mencapai puluhan juta rupiah bahkan bisa melebihi gaji menteri, membuat  adanya ketimpangan cukup besar dengan gaji PNS di daerah lain.

Terkait hal itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Yuddy Chisnandi berencana memanggil gubernur atau kepala BKD DKI Jakarta untuk meminta penjelasan.

"InsyaAllah minggu ini, kami akan undang BKD atau gubernur DKI Jakarta, untuk meminta penjelasan standarisasinya bagaimana? Siapa tahu dengan konsultasi ini, bisa diterapkan di daerah lain," ujar Yuddy usai menyaksikan penyerahan laporan harta kekayaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di KemenPAN RB, Senin (2/2/2015).

Menurut Yuddy, gaji pokok ASN antara DKI Jakarta hingga Papua sama. Hanya yang membedakan penghasilan antara ASN DKI Jakarta dan daerah lain, terletak dari tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan.

Ia mengatakn, tunjangan itu disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan dan potensi daerah bersangkutan, dalam mengelola pendapatan asli daerahnya (PAD).

"Bila daerah itu mampu mengelola pendapatan asli daerah (PAD), yah tinggal kompromi dengan pihak DPRD agar dapat memberikan kenaikan gaji bagi ASN di wilayahnya," terangnya.

"DKI Jakarta memiliki PAD puluhan triliun (Rp 73 triliun). Dengan besaran PAD itu, ada pertimbangan tersendiri untuk tata kelolanya. Semoga tidak membuat gundah ASN di daerah lain," ucap Yuddy.

Sebab, lanjutnya potensi daerah lain tidak sama dengan DKI Jakarta. Namun Yuddy tak menampik dengan kenaikan gaji yang fantastis itu ada ekses psikologi dan sosial lantaran seolah ada pertimbangan. 
 
Ia berharap, ASN di daerah lain bisa memahami karena besarnya pendapatan sesuai dengan tunjangan kemahalan, yang berdasarkan pada potensi daerah. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:politik,