Banjir Bandang Terjang Albania Selatan

Banjir Bandang Terjang Albania Selatan

Banjir bandang yang disebabkan oleh hujan lebat telah menerjang Albania Selatan pekan ini.

Tirana - Banjir bandang yang disebabkan oleh hujan lebat telah menerjang Albania Selatan pekan ini, dan banyak keluarga diungsikan, kata media Albania, Daily News, pada Selasa (3/2/2015) WIB.
 
Di Fier, lebih dari 140 keluarga telah diungsikan, sementara di Vlore lebih dari 110 keluarga telah dipindahkan ke tempat yang lebih aman.
 
Dua helikopter militer dan Angkatan Bersenjata di negeri tersebut telah membantu upaya pertolongan.
 
Perdana Menteri Albania Edi Rama mengunjungi daerah yang direndam banjir di Novosela dan Fier.
 
Ia mengatakan pemerintah akan menangani masalah tersebut dengan tekad kuat sehingga kerugian besar, terutama yang diderita petani yang modal mereka telah rusak, bisa diganti, demikian laporan Xinhua --yang dipantau di Jakarta, Selasa pagi.
 
Banjir yang dipicu oleh hujan lebat juga telah merendam lebih dari 3.000 hektare lahan pertanian di Albania dan mengakibatkan kerugian besar pada hewan ternak, demikian laporan media setempat pada Senin.
 
Situasi ditambah parah saat negara itu diguyur hujan paling lebat dalam sejarahnya, kata Menteri Pertanian Albania Edmond Panariti, yang dikutip oleh Albanian Telegraphic Agency.
 
Banyak lahan subur, terutama di Wilayah Fier dan Vlora di bagian selatan Albania direndam air setelah air menjebol tanggul Sungai Vjosa.
 
Banjir parah telah memaksa Pemerintah Albania menerapkan rencana pendukung bagi pengungsian warga dan ternak. Stasiun pompa juga bekerja dengan kapasitas penuh untuk mengeluarkan air dari solokan utama dan pendukung, kata laporan media setempat. (AY)
.

Categories:Internasional,
Tags:bencana,