BPPD Jabar Dorong Wisata Pesiar

BPPD Jabar Dorong Wisata Pesiar

Ilustrasi Foto.(Foto:Net)

Bandung - Badan Promosi Pariwisata Daerah Jawa Barat mendorong pengembangan wisata "cruise" atau pesiar untuk meningkatkan daya tarik pariwisata pantai di provinsi itu.


"Setiap pelabuhan diharapkan ada fasilitas wisata cruise, juga wisata pantai yang ada terus dilengkapi," kata Direktur Eksekutif BPPD Jabar, Hilwan Saleh di Bandung, Selasa (3/2/2015).

Menurut dia, wisata pantai di Jabar merupakan salah satu obyek wisata unggulan dengan jumlah pengunjung yang cukup signifikan.

Namun di sisi lain perlu terus ditingkatkan baik infrastruktur maupun daya tariknya dengan penambahan fasilitas pendukung termasuk mensinergikan seluruh potensi dan aktifitas masyarakatnya untuk menjadi pendukung obyek wisata.

"Salah satunya dengan wisata cruise, memang tidak semua bisa dilengkapi itu terutama di pantai selatan karena gelombangnya tinggi, namun kami berharap potensi di pantai utara bisa dikembangkan," katanya.

Menurut Hilwan Saleh, wisata cruise saat ini merupakan salah satu daya tarik. Seperti yang dikembangkan di Lombok bisa meningkatkan daya tarik kunjungan wisatawan.

Sedangkan dalam pengembangan wisata dengan memaksimalkan potensi masyarakat seperti pengolahan ikan laut, kampung pengrajin hasil laut, budidaya rumput laut, kawasan memancing dan lainnya merupakan potensi yang bisa menjadi daya tarik.

"Potensi di pantai selatan cukup besar, dan dukungan akses jalan selatan Jabar akan menambah tingkat kunjungan di sana," katanya.

Selain itu, BPPD Jabar juga terus memasarkan sejumlah produk wisata bahari Jabar antara lain Pantai Cimaja yang dikenal sebagai kawasan untuk kegiatan surfing terbaik. Selain itu juga mengembangkan dan mensosialisasikan geopark Ciletuh di Kabupaten Sukabumi selatan.

"BPPD terus melakukan pemetaan potensi pasar wisata di dalam maupun di luar negeri. Salah satunya dengan memaksimalkan pemasaran ke China dan juga melakukan koordinasi dengan sejumlah biro perjalanan di ASEAN," kata Hilwan Saleh.

Kian banyaknya penerbangan langsung dari kawasan wisata di dalam negeri seperti Bali dan Surabaya serta ke Singapura dan Malaysia, menjadi salah saru peluang bagi Jabar untuk meningkatkan jumlah wisatawan asingnya ke daerah itu. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:wisata,