Wantimpres Serah Terima Jabatan

Wantimpres Serah Terima Jabatan

Sri Adiningsih

Jakarta - Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2010-2014 menyerahkan jabatan kepada Wantimpres periode 2015-2019 di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/2/2015).
 
Serah terima jabatan diawali dengan penandatanganan nota serah terima jabatan oleh Ketua merangkap Anggota Wantimpres Bidang Ekonomi dan Lingkungan Hidup periode 2010-2014 Emil Salim dan Ketua Wantimpres merangkap Anggota Bidang Ekonomi periode 2015-2019 Sri Adiningsih.
 
Dalam kesempatan itu Emil Salim menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada Anggota Wantimpres baru.
 
Ia juga menyampaikan permintaan maaf karena pertimbangan yang disampaikan kepada presiden tidak dapat diketahui secara luas oleh publik.
 
"Tidak ada 'cerita-cerita' yang dapat disampaikan karena kita tidak boleh bicara kepada publik, hanya kepada presiden dan sifatnya konfidensial," katanya.
 
Emil Salim juga menyebutkan pertimbangan yang diberikan kepada presiden juga bisa bersifat sejalan dengan kabinet tetapi juga bisa tidak sejalan.
 
"Jika tidak sejalan, bagi kami itu pertimbangan yang sebaik-baiknya, dengan demikian presiden mempunyai opini kedua terhadap berbagai kebijakan," katanya.
 
Emil Salim juga menyoroti adanya budaya "ewuh pakewuh" atau rasa segan yang kadang mengaburkan pertimbangan yang harus disampaikan kepada presiden.
 
"Yang harus disampaikan bukan yang ingin didengar tapi yang harus didengar sehingga Wantimpres tidak bisa memberikan pertimbangan yang bersifat asal bapak senang (ABS)," katanya.
 
Hadir dalam sertijab itu anggota Wantimpres 2010-2014 antara lain Meutia Hatta, Siti Fadillah, Widodo AS, Albert Hasibuan dan Hassan Wirajuda. Sementara anggota Wantimpres baru yang hadir antara lain Subagyo HS, AM Fajar dan Suharso Monoarfa.
 
"Pak Hazim Muzadi tidak hadir karena sedang dipanggil Presiden," kata Sri Adiningsih. (AY)
.

Categories:Nasional,
Tags:ekonomi,