Akar Wangi Miliki Banyak Nilai Lebih

Akar Wangi Miliki Banyak Nilai Lebih

Salah Satu Hasil Kerajinan Akar Wangi. (foto: Rangga)

Bandung - Tak ada rotan akar pun jadi, ternyata pribahasa ini cocok dengan akar yang konon hanya tumbuh di wilayah Kab. Garut, Jawa Barat ini. Akar ini memang bukan sembarang akar, sebab akar tersebut bisa mengeluarkan aroma wangi yang khas, wanginya pun katanya tidak akan hilang walau tertelan waktu. 

Salah seorang perajin asal Garut yang akrab disapa H. Jaeni mengatakan, dia sudah cukup lama berkecimpung dengan kerajinan akar wangi.

Menurut penuturannya, akar wangi bisa diproduksi menjadi berbagai macam produk, mulai dari minyaknya yang bisa digunakan menjadi minyak wangi, bahkan akar yang ditenun bisa dikreasikan menjadi berbagai hiasan atau aksesoris. Selain itu akar wangi juga bisa dibuat menjadi sabun mandi, obat nyamuk, dan dupa untuk aroma terapi.

Kerajinan akar wargi diproduksi dengan cara menjemurnya di atas terik sinar matahari, lalu akar ditenun dengan mesin ATBF menjadi selembar akar wangi berukuran 35 cm, 60 cm, dan125 cm,. Selanjutnya baru disesuaikan apakah mau dibuat tas, tudung, saji, souvenir atau desain interior (taplak meja, hiasan lampu, guci, dll). Agar menambah cantik akar wangi, biasanya perajin menghiasnya dengan melukis, membordir atau memayet.

Perajin akar wangi bisa dijumpai di daerah Samarang, Raja Bango, dan Bayongbong, Kab. Garut. Sedangkan kalau mau mengunjungi galeri bisa singgah di daerah Paseban, Taragong, Garut. Perajin di sana rata-rata dibagi beberapa kelompok, per kelompok bisa dikerjakan oleh 6 – 10 orang. H Jaeni menceritakan, satu orang perajin bisa menyelesaikan 5 buah tudung saji dalam sehari, bahkan 1 bulan mereka bisa menyelesaikan target sebanyak 200 buah.

“Keunikan akar wangi jika wanginya hilang, pengguna bisa melembabkannya dengan air untuk mengeluarkan wanginya kembali. Biasanya jika sudah lembab otomatis akar kembali wangi,” ungkapnya kepada Cikalnews.com baru-baru ini.

Uniknya lagi barang yang terbuat dari akar wangi juga bisa digunakan sebagai penangkal nyamuk, karena aroma khas yang dikeluarkannya bisa membuat nyamuk sempoyongan. (AY)

.

Categories:Ekonomi,