Melongok Sentra Perajin Telur Asin di Bandung

Melongok Sentra Perajin Telur Asin di Bandung

Pengrajin Telor Asin Babakan Karet, Kota Bandung. (Foto : Rangga Permana)

Bandung - Sekilas telur asin bebek di mana pun asalnya sama, namun jika ditelisik dan mencicipinya rasa dan aroma telur asin dari setiap daerah maupun perajin sepertinya ada ciri khas yang membedakannya.

Untuk komoditi telur asin, rupanya daerah Jawa memang lebih menonjol. Contoh saja telur asin dari Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah, produksinya sudah bisa membuat daerah ini terkenal dengan sebutan kabupaten penghasil telur asin terbesar.

Tidak hanya di Brebes, Jawa Tengah, ternyata di Kota Bandung, Jawa Barat, sentra industri perajin telur asin sudah berdiri sejak lama.

Menurut keterangan Ketua Asosiasi Perajin Telur Asin Babakan Karet, Kota Bandung, Ike, telur asin yang berasal dari Bandung hanya diproduksi di Desa Babakan Karet, Kecamatan Derwati, Kota Bandung.

“Usaha telur asin di sini sudah turun temurun langsung dari leluhur dan orang tua. Sekampung ini semuanya menjadi perajin telur asin, ya sudah cukup lama mungkin sekitar 50 tahun lalu,” terang Ike.

Sektor usaha telur asin di Kampung Babakan Karet terbilang cukup lumayan besar, buktinya 40 keluarga ikut terlibat, dengan kurang lebih totalnya ada 200 perajin.

“Perajin di sini kebanyakan memang menjalankan usaha keluarga yang turun temurun, jadi resep dan cara pembuatannya pun tidak jauh berbeda rasanya dari para orang tua dulu,” imbuh Ike.

Saat ditanya apa yang membedakan telur asin Babakan Karet, Bandung dengan daerah lain, Ike menjawab dengan simpel. “Di sini proses pembuatan telur asin hingga mencapai dua minggu, dan pengukusannya pun cukup lama. Semakin lama proses pengukusan hasil telur asinnya akan baik.Lebih tahan lama, dan rasanya pun akan gurih,” jawabnya bangga.

Menurut Ika, kalau di daerah lain ada yang menggunakan bahan pengawet atau zat tertentu agar ketahanan telur lama. Tapi di Babakan Karet semuanya alami dan proses pembuatannya pun masih tradisional. Di Babakan Karet tidak ada telur asin asap, panggang, atau pun bakar. (AY)

 

 

.

Categories:Ekonomi,