Cimahi Pasang 4.000 IPAL

Cimahi Pasang 4.000 IPAL

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).(Ilustrasi Foto:Net)

Cimahi - Pemerintah Kota Cimahi, Jabar, segera memasang 4.000 Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) skala lingkungan atau "septic tank" komunal yang ditargetkan selesai pada 2015.

"Tahun ini kami targetkan pasang 4.000 IPAL di delapan titik yang tersebar di Kelurahan Cibabat, Kelurahan Citeureup dan Kelurahan Pasirkaliki," kata Kepala Bidang Air Bersih dan Air Limbah Domestik Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cimahi Djani Ahmad Murjani di Cimahi, Rabu (4/2/2015).

Ia menuturkan, pemasangan sambungan IPAL tersebut sebelumnya sudah dilakukan sejak dua tahun lalu bantuan dari negara penyumbang, serta APBD Provinsi Jabar dan APBD Kota Cimahi.

Selanjutnya, kata dia, Pemerintah Kota Cimahi merencanakan kembali membangun sistem IPAL skala lingkungan di tiga kelurahan tersebut yang memiliki lahan cocok untuk pembangunannya.

"Jadi nanti setiap titiknya diperuntukkan 200 kepala keluarga sampai 400 kepala keluarga tergantung lahan yang digunakan," katanya.

Ia menjelaskan, pemanfaatan sistem pengelolaan air limbah itu diutamakan bagi masyarakat yang tidak memiliki sanitasi baik.

"Diharapkan dengan memiliki sanitasi yang baik kesehatan masyarakat terjaga dengan baik," katanya.

Rencananya "septic tank" komunal itu akan dibangun berukuran 3x15 meter dengan kedalaman 1,90 meter kemudian diberi bakteri sebagai pengurai sehingga dapat menjadi pupuk organik. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:ekonomi,

terkait

    Tidak ada artikel terkait