Penerima Raskin di Cimahi Tak Berubah

Penerima Raskin di Cimahi Tak Berubah

ilustrasi. (Net)

Cimahi - Jumlah masyarakat penerima program beras miskin (raskin) di Kota Cimahi, Jabar, tahun 2015 tercatat tetap tidak berubah dari tahun sebelumnya yakni sebesar 18.934 Rumah Tangga Sasaran (RTS).


"Jumlah penerima raskin di Cimahi sama seperti tahun lalu sebanyak 18.934 RTS," kata Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Cimahi Yandi Tubagus di Cimahi, Rabu (4/2/2015)..

Ia menuturkan, jumlah penerima raskin tersebut sesuai data yang diberikan oleh Pemerintah Pusat, Pemkot Cimahi hanya menjalankan program tersebut berjalan lancar.

Terkait masyarakat meminta untuk pendataaan ulang, pihaknya tidak dapat melakukannya, termasuk mengatasi jika ada masyarakat miskin tidak menerima raskin.

"Tidak bisa berbuat banyak, Pemkot harus mengacu data baru yang diambilkan pemerintah pusat melalui BPS," katanya.

Kecuali ada masyarakat penerima raskin yang pindah rumah, kata Yandi, maka akan diserahkan kepada orang lain berdasarkan musyawarah warga kampung setempat.

Termasuk jika ada RTS yang meninggal dunia, kata dia, maka jatah raskin akan dilanjutkan kepada ahli warisnya.

"Semua itu ada kesepakatan bersama siapa yang berhak mengganti raskin RTS yang pindah itu," katanya.

Sebelumnya, warga Kota Cimahi berharap pemerintah mendata ulang penerima raskin yang selama ini dinilai datanya tidak tepat sasaran.

Seorang ibu rumah tangga Iis (54) mengatakan ada warga yang seharusnya berhak, tetapi tidak mendapatkan jatah raskin, sebaliknya warga yang mampu menerima raskin.

"Penerima raskin didata lagi, jangan seperti tahun-tahun kemarin, masa yang harusnya dapat banyak tapi jatah raskinnya sedikit," kata warga Cihanjuang Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara itu. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:ekonomi,