KPU Sediakan 35 Beasiswa S-2

KPU Sediakan 35 Beasiswa S-2

ilustrasi. (Net)

Bandung - Komisi Pemilihan Umum RI menyediakan 35 beasiswa strata 2 di bidang kepemiluan untuk staf KPU di seluruh Indonesia pada 2015.


"Tahun ini kamimenyediakan 35 orang untuk studi S2 tentang kepemiliuan, jadi nanti KPU bisa menyampaikan ke (KPU) kabupaten/kota," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik di Bandung, Rabu (4/2/2015).

Ditemui di sela-sela Rapat Kerja Pimpinan KPU dan KPU Provinsi Seluruh Indonesia, di Aula Gedung KPU Jawa Barat, Husni menuturkan mengatakan untuk beasiswa tersebut pihaknya menggandeng sembilan perguruan tinggi di Indonesia.

"Kami bekerja sama dengan sembilan perguruan tinggi untuk membahas bagaimana kemungkinan di setiap perguruan tinggi dibuka kelas strata 2 kepemiluan," kata dia.

Beasiswa tersebut, kata dia, merupakan salah satu langkah yang dilakukan untuk meningkatakan kapasitas penyelenggara pemilu, khususnya para stafnya.

"Sekarang kita memiliki sekitar 10 ribu staf PNS, 5200 itu sudah status tenaga organik KPU. Sampai saat ini KPU memiliki 600 orang lebih tenaga yang strata 2 dari berbagai macam pendidikan atau disiplin keilmuan," katanya.

Pihaknya menargetkan para PNS tersebut ke depannya memiliki keahlian khusus d bidang tata kelola kepemiluan.

Lebih lanjut ia mengatakan terkait pengadaan beasiswa S2 pihaknya juga bekerja sama dengan KPU Australia.

"Kami pilih KPU Australia karena mereka sudah memiliki modulnya," ujar dia.

Untuk seleksi penerimaan beasiswa S2 tersebut, lanjut dia, pihaknya akan membuat pola seleksi tersendiri.

"Dan kami berharap beasiswa S2 bidang kepemiluan ini bisa berjalan atau dimulai pada semester pertama tahun ajaran 2015," katanya. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bbm,