Tahapan Pilkada KPU Kab/Kota Jangan Lampaui Pusat

Tahapan Pilkada KPU Kab/Kota Jangan Lampaui Pusat

ilustrasi. (Net)

Bandung - Ketua Komisi Pemilihan Umum RI Husni Kamil Manik meminta KPU kabupaten/kota yang sedang melaksanakan tahapan pemilihan kepala daerah tidak melampaui tahapan yang sudah ditetapkan oleh KPU Pusat.

"Saya berharap walaupun kita sedang melaksanakan tahapan, jangan ada yang mendahului sebagaimana diatur dalam masa persiapan," kata Husni Kamil Manik pada Rapat Kerja Pimpinan KPU dan KPU Provinsi Seluruh Indonesi, di Aula Gedung KPU Jawa Barat, Bandung, Rabu (4/2/2015).

Ia mencontohkan, proses tahapan program dan jadwal pendaftaran seorang bakal calon kepala daerah di KPU daerah baru akan dimulai pada 26 Februari 2015 namun sudah ada sejumlah KPU daerah yang membentuk tim uji publik.

"Tapi proses uji publiknya sendiri baru pada Mei. Ada tiga bulan yang bisa digunakan untuk melakukan persiapan uji publik, tapi ada informasi bahwa ada daerah yang sudah memulai membentuk tim uji publik," kata dia.

Hal tersebut, menurut dia, dikhawatirkan akan membuat pimpinan partai politik dan bisa membingungkan masyarakat karena pendaftaran bakal calon itu tdk melalui tim uji publik.

"Namun pimpinan parpol pada tingkatannya mendaftarkan bakal calonnya atau perseorangan mendaftarkan dirinya ke KPU," kata dia.

Oleh karena itu, kata dia, perlu ada sosialiasi ke KPU daerah agar mereka tidak melampaui proses masa persiapan penyelenggaraan kepala daerah. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,