Kemenhub Dukung Wisata Kapal Pesiar

Jakarta - Kementerian Perhubungan akan mendukung penuh Kementerian Pariwisata untuk mengembangkan wisata kapal pesiar sebagai salah satu upaya memajukan sektor kemaritiman di Tanah Air.

"Kemenpar mendapat dukungan penuh Kemenhub untuk mengembangkan wisata layar yacht," kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta, Rabu (4/2/2015).

Ia mengatakan dukungan itu merupakan wujud upaya sinergi antar kementerian untuk mengembangkan wisata bahari (marine tourism) khususnya kapal wisata layar (yacht).

Apalagi selama ini, wisata kapal pesiar sangat potensial untuk menarik para yachter dunia masuk ke perairan di Indonesia dan merupakan turis yng berkualitas dari sisi pengeluaran dan lama tinggal.

Ia mengatakan, dukungan Kemenhub dalam mengembangkan wisata yacht antara lain dengan mengembangan titik labuh kapal wisata (yacht) yang dikaitkan dengan perizinan lokasi serta pembangunan dan peningkatan kapasitas dermaga.

"Kemenpar telah mengusulkan kepada Kemenhub untuk membangun maupun meningkatkan kapasitas dermaga di 38 lokasi titik labuh yacht," kata Arief Yahya.

Sebelumnya pihaknya bersama stakehoder pariwisata telah mengembangkan 18 rute lintasan kapal yacht dari Papua hingga Sumatera (Sabang).

Pengembangan rute lintasan ini antara lain dengan membuat event rally, race dan sail seperti Sail Raja Ampat, Sail Tomini, Darwin-Ambon Internasional Yacht Rally, dan Sabang Internasional Regatta yang diikuti para yachter internasional belayar dari Phuket (Thailand) kemudian singgah di Langkawi (Malaysia) dan berakhir di Sabang (Indonesia). (AY)

.

Categories:Wisata,
Tags:wisata,