Narkoba Melanda Kalangan Pelajar

Cimahi - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cimahi mencatat peredaran dan penyalahgunaan narkoba sudah melanda kalangan pelajar tingkat SMP dan SMA kota itu.


"Narkoba di kalangan pelajar hanya 10 persen, mereka kebanyakan mengonsumsi obat-obatan dan memakai ganja," kata Kepala BNN Kota Cimahi Odang Masdar kepada wartawan di Cimahi, Rabu (4/2/2015).

Didampingi Kasubag TU Samsul Anwar dan Kasie Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Cimahi Lucki, Odang mengatakan pelajar pengguna narkoba itu terus mendapatkan pengawasan oleh BNN.

Ia menyebutkan, pengguna narkoba di Kota Cimahi sampai akhir 2014 sebanyak 625 orang, sebesar 75 persen pengguna dari kalangan buruh atau pekerja, 10 persen kalangan pelajar dan satu orang PNS sisanya berbagai macam latar belakang pekerjaan.

"Di Cimahi kebanyakan obat-obatan dan ganja. Ada 370 orang yang mempunyai latar belakang 'nyuntik'," katanya.

Ia berharap, pemberantasan dan pencegahan peredaran narkoba dapat dilakukan oleh semua pihak, terutama pengawasan orang tua kepada anak-anaknya lebih ditingkatkan.

Menurut dia, peran masyarakat sangat membantu tugas BNN untuk mempersempit ruang gerak peredaran narkoba di Kota Cimahi.

"Berbarengan dengan masyarakat, bagaimana masyarakakat mempersempit ruang gerak narkotika, tanpa peran serta masyarakat kami tidak akan mampu," katanya.

Odang menambahkan, BNN sebagai lembaga negara mempunyai tanggungjawab untuk mengamankan negara khususnya Kota Cimahi dari ancaman bahaya narkoba.

Menurut dia, upaya memberantas pengedar narkoba yakni menindak tegasnya dengan memberikan hukuman penjara yang dapat memberi efek jera.

"Narkoba itu bisa menghancurkan masa depan bangsa, makanya mari kita wujudkan Kota Cimahi dan bangsa ini bebas dari narkoba," katanya. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:cimahi,