PDIP Tak Pernah Usung Abraham Samad

PDIP Tak Pernah Usung Abraham Samad

Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.(Net))

Jakarta - Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan partainya tidak pernah membuat komitmen untuk mengusung Ketua KPK Abraham Samad sebagai calon wakil presiden pada pemilu presiden 2014.

Hasto menegaskan hal itu menjawab pertanyaan Ketua Komisi III DPR RI Benny K Harman pada rapat dengar pendapat umum (RDPU) di ruang Komisi III Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (4/2/2015).

Pada kesempatan itu Benny K Harman bertanya apakah penetapan status tersangka dari KPK kepada calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan karena PDI Perjuangan tidak memenuhi komitmennya untuk mengusung Abraham Samad sebagai calon wakil presiden pada pemilu 2014.

RDPU tersebut dipimpin oleh Ketua Komisi III DPR RI Benny K Harman yang didampingi Wakil Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin dan dihadiri sejumlah anggota.

Sedangkan, narasumber yang hadir pada RDPU tersebut adalah Plt Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan seorang yang menyatakan diri sebagai sahabat Abraham Samad yakni Zainal Thahir.

Menjawab pertanyaan sejumlah anggota Komisi III, Hasto menjelaskan bahwa Abraham Samad beberapa kali melakukan pertemuan dengan petinggi PDI Perjuangan menjelang pemilu presiden 2014.

Pertemuan-pertemuan tersebut, kata dia, antara lain dilakukan di sebuah apartemen, di rumah Abraham Samad, di lobi Bandara di Yogyakarta, serta di sebuah hotel.

Menurut Hasto, pertemuan pertama di sebuah apartemen atas inisiatif Abraham Samad melalui seorang teman Samad berinisial D1.

"Pada pertemuan itu membicarakan beberapa kasus, tapi tidak ada 'deal'," kata Hasto.

Hasto menegaskan bahwa apa yang disampaikannya adalah kebenaran di atas kebenaran.

"Saya siap mempertanggungjawabkan pernyataan saya secara hukum, politik, maupun etik," katanya.

Hasto menyatakan ada korelasi antara pertemuan-pertemuan itu dengan penetapan status tersangka terhadap Komjen Pol Budi Gunawan. (AY)

.

Categories:Politik,
Tags:politik,