Pergub Karst Citatah Segera Direvisi

Pergub Karst Citatah Segera Direvisi

Kawasan Karst Citstsh

Bandung – Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera melakukan revisi terhadap Peraturan Gubernur (Pergub), yang mengatur tentang pembenahan serta pengembangan Karst Citatah. Revisi itu dilakukan sebagai penyesuaian atau sinkronisasi antara Pergub dengan peraturan daerah, yang berlaku di kabupaten.
 
Hal itu merupakan bagian dari upaya menyeluruh Pemprov Jabar dalam menertibkan, deliniasi (penentuan batas area) bentang Karst Citatah yang tidak boleh diganggu, pendataan industri pertambangan yang ada di Citatah, serta pengembangan Karst Citatah yang dapat memberdayakan ekonomi masyarakat sekitar.  

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar mengatakan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, kewenangan izin pengelolaan pertambangan diserahkan kepada pemerintah provinsi bukan lagi oleh pemerintah kabupaten/kota. Untuk itu, pihaknya akan merevisi Pergub tentang Karst Citatah, yang disesuaikan dengan perda kabupaten yang bersangkutan.
 
“Kita lihat secara menyeluruh, ke depan menjadi seperti apa (Karst Citatah) yang kita inginkan. Peralihan yang terjadi harus mulus, sehingga tidak menimbulkan gesekan, konflik horizontal dan masalah sosial di masyarakat," ungkapnya saat beraudiensi dengan Forum Pemuda Peduli Karst Citatah di Ruang Ciremai Gedung Sate Kota Bandung, Rabu (04/2/2015).

Wagub menambahkan, Pergub itu diperlukan sebagai payung hukum dalam pembenahan serta pengembangan Karst Citatah. “Kita perlu revisi pergub atau perda yang sudah ada, sehingga visi tentang mau dibawa kemana dan buat apa kawasan Karst Citatah, dikawal oleh peraturan sebagai payung hukum," tambah Wagub. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,