FIFA Denda West Ham United 100.000 Franc Swiss

FIFA Denda West Ham United 100.000 Franc Swiss

Ilustrasi Foto.(Net)

Zurich - West Ham United dijatuhi denda 100.000 franc Swiss oleh FIFA menyusul perselisihan dengan Federasi Sepak Bola Senegal perihal Diafra Sakho, yang bermain pada Piala FA setelah ia mengundurkan diri dari timnas untuk Piala Afrika.

West Ham mengklaim bahwa Sakho, yang juga mendapat teguran, tidak dapat bermain untuk Senegal karena cedera punggung, namun 18 hari setelah mengundurkan diri dari tim ia mencetak gol semata wayang pada pertandingan putaran keempat Piala FA ketika mereka mengalahkan Bristol City.

Badan sepak bola dunia FIFA mengumumkan sanksi-sanksi dalam pernyataan pada Kamis (5/2/2015).

FIFA mengatakan sang pemain dipanggil oleh Federasi Sepak Bola Senegal pada 18 Desember untuk bermain pada turnamen yang berlangsung pada 17 Januari sampai 8 Februari, serta menghadiri pemusatan latihan mereka dari 5 Januari sampai 16 Januari di Maroko.

"Federasi Sepak Bola Senegal menginformasikan kepada West Ham United bahwa Sakho tidak dapat bermain dan melakukan perjalanan dengan pesawat terbang karena cedera, dan oleh sebab itu ia tidak bergabung dengan tim Senegal," kata FIFA.

"Pada 25 Januari 2015, sang pemain ambil bagian pada pertandingan resmi untuk klubnya. Senegal tereliminasi dari Piala Afrika pada 27 Januari 2015." FIFA memutuskan bahwa West Ham dan Sakho melanggar peraturan-peraturan mereka tentang status pemain dan oleh karena itu menjatuhi denda dan teguran.

Tim League One (strata ketiga) Bristol City mengatakan dalam pernyataan di situs resmi mereka (www.bcfc), "Klub kecewa dengan hukuman yang dijatuhkan oleh Komite Disiplin FIFA dan mempertimbangkan opsi-opsi yang ada." Kubu 'The Hammers' menyangkal West Ham meyakini bahwa mereka dapat lolos dari sanksi, yang dimulai ketika klub Liga Utama Inggris itu mengatakan Sakho tidak dapat pergi ke turnamen di Equatorial Guinea karena cedera.

Senegal kemudian mengajukan keluhan resmi ke FIFA mengenai sang pemain yang memperkuat 'The Hammers' melawan Bristol City. Dua hari setelah ia bermain untuk West Ham, Senegal kalah dari Aljazair dan tersingkir dari turnamen.

Klub London timur itu menyangkal pihaknya telah melakukan hal yang salah, di mana sang pemilik David Sullivan berkata bahwa tindakan mereka didasarkan atas masukan dari para profesional medis.

Sakho tidak masuk tim West Ham untuk pertandingan liga pekan lalu di Liverpool, di mana pelatih Sam Allardyce menjelaskan, "Sayangnya, tidak kondusif bagi kami untuk memainkannya di lapangan sampai ada jalan keluar untuk hal ini." Sakho telah mencetak sepuluh gol dari 16 penampilannya di semua kompetisi untuk West Ham, setelah didatangkan dari klub Prancis Metz musim panas silam. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,