Pembebasan Lahan Tol Soroja Capai 83 Persen

Pembebasan Lahan Tol Soroja Capai 83 Persen

Ilustrasi Foto.(Foto:Net)

Bandung - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bappeda Jabar Denny Juanda mengatakan proses pembebasan lahan Soreang-Pasirkoja (Soroja) Bandung sudah mencapai 83 persen.

"Untuk Tol Soreang-Pasirkoja atau Saroja sudah lebih bagus perkembangannya, khususnya untuk pembebasan lahannya sudah 83 persen," kata Denny Juanda, di Bandung, Kamis (5/2/2015).

Menurut dia, saat ini proses lelang Tol Saroja sepanjang 15 km yang menghubungkan antara Kabupaten Bandung dengan Kota Bandung ini sudah masuk di Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Ia menuturkan, salah satu hambatan yang cukup berat dalam proses pembebasan lahan Tol Saroja adalah negosiasi antara pemerintah dengan para pemilik lahan dan bangunan.

"Hampir di semua negera itu bersepakat dengan rakyat yang sulit. Nampaknya harus ada orang yang jago diskusi, walaupun tetap tak berhasil. Jadi seperti harus orang yang hebat diturunkan," kata dia.

Ketika ditanyakan apakah terkendala negosiasi pembebasan lahan untuk pembangunan tol tersebut karena adanya calo, Denny menuturkan memiliki pendapatan tersendiri mengenai hal tersebut.

"Kalau ada calo dalam sebuah proyek, seperti bandara itu pertanda proyeknya menarik. Calo itu kalau diluar profesi khusus karena pembangunan di dunia banyak yang berhasil karena mereka. Cuma dikita saja yang jadi kurang baik pandangan untuk calo," kata dia. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:ekonomi,