Hot-nya Citasara Taliwang Lombok

Hot-nya Citasara Taliwang Lombok

Menu andalan di RM Taliwang yaitu ayam taliwang, plecing kangkung, dan boborok terong. (Foto : ADE)

Bandung - Sudah pernah mencicipi pedasnya masakan khas Padang atau Menado. Ternyata pedas dari kedua masakan daerah itu masih kalah hot, mau tahu masakan apa sih yang bisa menandingi pedasnya bumbu Padang dan Menado, jawabannya adalah taliwang. Taliwang adalah masakan khas yang berasal dari Lombok, NTB (Nusa Tenggara Barat). Rasa dari taliwang memang benar-benar pedas, bumbu ini cocok digunakan untuk ayam atau pun ikan.

Saat reporter mendatangi rumah makan Ayam Taliwang di Jl. Citarum, Kota Bandung. Ternyata disuguhkan dengan pilihan berbagai masakan khas Lombok. Di rumah makan ini pengunjung bisa menikmati pedasnya ayam bakar yang diselimuti bumbu taliwang. Secara kasat mata bumbunya cukup sederhana hanya racikan cabai rawit dan terasi khas Lombok, namun karena diolah oleh koki yang berpengalaman dan asli orang Lombok, ayam taliwang menjadi  terasa berkesan dan menimbulkan bekas karena rasanya yang pedas.

Selain ayam taliwang pengunjung juga  bisa menikmati sayur plecing kangkung dan boborok terong, menurut Long, seorang manager di sana, semua bahan baku seperti kangkung dan terong dibawa khusus dari Lombok.

“Kita sengaja memilih bahan baku dari Lombok karena jika menggunakan bahan lain masakannya tidak sesempurna aslinya. Kita juga menyediakan telur asin goreng, yang telornya asli didatangkan dari Lombok. Selain telur asin, madu Lombok, terasi dan cumi-cumi kering juga bahan yang biasa digunakan meracik bumbu-bumbu khas Lombok dibawa langsung dari sana,” ungkap Long, Kamis (5/2/2015).

Dalam proses pembuatan, ayam taliwang melalui 7 kali proses pengolahan, mulai dari dibersihkan, dibakar, digoreng, dibakar, dicelup bumbu, lalu terakhir dibakar kembali.

”Inilah keunikan khas ayam bakar taliwang, dengan begitu bumbu terasa meresap ke daging. Kelebihan dari bumbu taliwang, yaitu tidak menimbulkan efek sakit perut atau mules karena pedas,” tambah dia.

RM. Ayam Taliwang mulai buka sejak pukul 10.00 - 22.00 untuk hari biasa, sedangkan hari libur bisa sampai pukul 23.00. Selain masakan tadi, di sini juga menyajikan minuman khas yang dijamin tidak ada di tempat lain, yaitu es madu kelapa, sepintas tidak berbeda jauh sama es kelapa lain, namun yang spesialnya es kelapa ini dicampur dengan madu asli dari Lombok. Selain itu ada juga yang unik di sini, seperti tape spesial, yaitu minuman jus dari tape singkong, rasanya perpaduan antara asem  dan manis.

Rumah makan milik Baiq Hartini ini sudah ada di Bandung sejak tahun 1994, untuk menarik pelanggan ia memberlakukan kartu member diskon 10% - 25%. Rumah makan ini didesain khas Lombok, membuat seolah pengunjung berada di rumah adat khas Lombok.

Akibat pedasnya citarasa khas taliwang, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Walikota Bandung, Ridwan Kamil, Anggota Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf, dan mantan Walikota Bandung, Dada Rosada, telah bersantap di sini, Tak berbeda dengan pejabat artis seperti, The Cangcuters, The Titan, Luna Maya, dan Gading Martin juga pernah menghabiskan waktu makannya di sini. (AY)

 

.

Categories:Kuliner,
Tags:kuliner,

terkait

    Tidak ada artikel terkait